Sulawesi Utara ekspor Rumah Panggung ke Maldives

Senin, 27 Agustus 2018 18:12 Reporter : Idris Rusadi Putra
Sulawesi Utara ekspor Rumah Panggung ke Maldives Maldives. ©2013 Merdeka.com/guim.co.uk

Merdeka.com - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor rumah panggung ke Maldives pada pekan terakhir bulan Agustus 2018 ini.

"Rumah panggung yang diekspor ke Maldives sebanyak 10 unit dengan sumbangan devisa bagi negara sebesar USD 16.100," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, Darwin Muksin seperti ditulis Antara Manado, Senin (27/8).

Dia mengatakan, 10 unit rumah panggung ke Maldives untuk memenuhi permintaan yang cukup tinggi di semester dua tahun 2018.

Maldives katanya merupakan pasar baru pengiriman rumah panggung asal Sulut, jadi perlu dipertahankan oleh pengekspor di daerah.

Pengiriman rumah ke Maldives tidak lagi menyertakan belasan tukang untuk memasang kembali rumah panggung itu, karena semua sudah memiliki sistem online.

Selain Maldives, rumah panggung produksi perajin Woloan juga dibeli Belanda, Prancis, Australia, Selandia Baru dan Tanzania.

Meski rumah panggung Woloan menjadi andalan produk ekspor, perhatian Pemerintah memang terus ditingkatkan. Usaha perajin bersifat alami, sejumlah pengusaha mengharapkan adanya sentuhan modal ataupun bantuan peralatan untuk menopang usaha mereka.

Pemerintah, katanya, akan terus memfasilitasi para pengekspor sulut untuk mendapatkan pasar baru. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Ekspor Impor
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini