Sri Mulyani: Semua Pimpinan Negara G20 Sepakat Perangi Covid-19

Kamis, 26 Maret 2020 22:31 Reporter : Idris Rusadi Putra
Sri Mulyani: Semua Pimpinan Negara G20 Sepakat Perangi Covid-19 Menkeu Sri Mulyani. ©2018 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyebut bahwa Rapat Khusus KTT G20 memutuskan bahwa para pemimpin negara-negara anggota G20 sepakat untuk memerangi covid-19. Penanganan pandemi virus corona menjadi paling utama karena terkait dengan menyelamatkan nyawa manusia.

"Tidak hanya masalah kesehatan tapi tragedi kemanusiaan. Semua negara dunia mencoba mengurangi risiko penyebaran," ucap Sri Mulyani dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (26/3).

Tak berhenti di situ, negara G20 juga sepakat mempercepat riset penemuan vaksin atau anti virus corona. Semua negara sepakat mengakselerasi dan mengeluarkan dana kolaborasi antara anggota G20. Namun, detail anggaran ini nantinya akan dibahas di pertemuan menteri keuangan antara negara.

"Bersama sama menemukan vaksin akan dilakukan kolaborasi indikatif terutama negara G20 untuk akselerasi riset menemukan anti virus atau vaksin dan sedang di bahas bersama level menteri keuangan G20," kata Sri Mulyani.

Selain itu, negara G20 juga fokus pada memperlancar suplai barang, terutama alat kesehatan dan alat pelindung diri untuk tim medis. Semua negara saat ini mengalami kesulitan untuk mendapatkan alat pelindung diri."

"Memperlancar suplai alat kesehatan. Di Indonesia dan negara lain mengalami kekurangan alat alat kesehatan termasuk alat pelindung diri maupun test kid. Saat ini IMF dan World Bank akan beri dukungan resources pada perusahaan produksi alat kesehatan dan produksi bisa ditingkatkan."

Dalam menangani pandemi virus corona ini, Sri Mulyani menyebut bahwa suatu negara juga bisa belajar dengan negara lain yang telah lebih dulu mengalaminya, seperti China."

"Dilakukan upaya negara negara saling mempelajari negara lain. Ini agar negara terjangkit bisa menangani lebih efektif." [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini