Sosok Menteri dari Kalangan Pengusaha Jadi Angin Segar Untuk Investor

Senin, 21 Oktober 2019 16:24 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Sosok Menteri dari Kalangan Pengusaha Jadi Angin Segar Untuk Investor Nadiem Makarim. ©2015 merdeka.com/henny rachma sari

Merdeka.com - Beberapa sosok yang digadang-gadang akan menjadi menteri baru di periode pemerintahan Jokowi-Ma'ruf berasa dari kalangan pengusaha. Misalnya Erick Tohir, Nadiem Makarin serta Wishnutama.

Mereka hari ini bahkan sudah datang memenuhi undangan Jokowi ke Istana Negara. Kehadiran mereka semakin menegaskan bahwa dirinya akan menjadi salah satu menteri dalam susunan kabinet baru Jokowi.

Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economic and Finance (Indef), Ahmad Heri Firdaus menyebutkan, kehadiran para sosok pengusaha merupakan angin segar bagi para investor. Khususnya mereka yang selama ini tengah menjalankan aksi 'wait and see'.

"Sesama pengusaha, ada kedekatan, merasa nanti menterinya itu paham kondisi di lapangan di sektor riil, sehingga kebijakan-kebijakan yang diambilnya bisa membumi, bisa terasa," kata dia saat dihubungi Merdeka.com, Senin (21/10).

Adapun sosok-sosok yang saat ini diramal bakal menduduki jabatan menteri, menurutnya merupakan sosok yang cukup disukai para investor.

"Kan kalau investor melihat sosok-sosoknya sekarang mudah-mudahan berharap banyaklah dan mungkin percaya. Artinya diisi oleh yang selama ini dari kalangan profesional dan ada pengusaha. Nah ini yang harapannya bisa juga membawa angin segar untuk investor," ujarnya.

Usai pengumuman resmi susunan kabinet baru, diharapkan para investor yang selama ini wait and see dapat langsung segera bertindak dan merealisasikan rencana mereka yang selama ini tertunda. "Karena merasa optimis mereka gak wait and see lagi. Mereka segera merealisasikan keputusan-keputusan investasinya yang tentunya kita harapkan berdampak pada ekonomi nasional," ujarnya.

Namun, dia juga mengingatkan para pemangku kebijakan agar jangan sampai membuat aturan yang menghambat atau membuat para investor menjadi enggan untuk berinvestasi di Indonesia.

"Saya harap ini bisa membuat dunia usaha atau sektor dunia usaha investor bikin confidence, mereka percaya, mereka yakin bahwa ke depan kebijakan-kebijakan ekonomi yang disusun oleh pemerintah ini semakin baik, semakin membuat investor lebih nyaman," tutupnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini