Saldo Nasabah Bank Mandiri Berubah, Ini Kata Bank Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 14:09 Reporter : Merdeka
Saldo Nasabah Bank Mandiri Berubah, Ini Kata Bank Indonesia Gedung Bank Indonesia. Merdeka.com / Dwi Narwoko

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) menanggapi persoalan yang tengah dialami Bank Mandiri terkait gangguan sistem yang menyebabkan adanya perubahan pada data 10 persen nasabahnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengatakan BI saat ini terus berkoordinasi dengan Bank Mandiri untuk tetap mengutamakan perlindungan konsumen.

"Saya dapat informasi sekarang Bank Mandiri sedang dilakukan recovery, kita tunggu saja. Yang jelas harus mengutamakan perlindungan konsumennya. Jadi nasabah tetap tenang dan jangan termakan informasi yang menyesatkan," ungkap Onny di Medan, Sabtu (20/7).

Onny menegaskan, sebagai Bank Buku IV, dia meyakini Bank Mandiri memiliki mitigasi resiko dan sistem pengaduan yang sudah menjadi SOP perusahaan.

Berbicara soal sistem perbankan, Onny mengatakan setiap bank selalu memiliki data nasabah yang ditempatkan tidak dalam satu server. Dengan demikian jika salah satu ada permasalahan bisa dibackup dengan server lainnya.

BI juga mengapresiasi upaya Bank Mandiri yang langsung menginformasikan persoalan ini kepada masyarakat dan nasabahnya.

"Kejadiannya tadi pagi, Bank Mandiri juga memberikan statement kalau data dan uang nasabah aman. Jadi ini meminimalisir informasi menyesatkan, bagus sekali," jelasnya.

Reporter: Ilyas Nur Praditya

Sumber: Liputan6 [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini