Restrukturisasi Jiwasraya Dinilai Bisa Tekan Kerugian Pemegang Polis & Pemerintah

Kamis, 12 November 2020 11:06 Reporter : Sulaeman
Restrukturisasi Jiwasraya Dinilai Bisa Tekan Kerugian Pemegang Polis & Pemerintah Ilustrasi Jiwasraya. ©2020 Liputan6.com

Merdeka.com - Ekonom sekaligus Direktur Riset CORE Indonesia, Piter Abdullah, menilai positif upaya manajemen baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang telah memiliki cetak biru rencana penyelesaian Jiwasraya, termasuk upaya restrukturisasi yang sedang dikerjakan.

Menurutnya, tindakan restrukturisasi tersebut dapat menekan kerugian pemegang polis dan pemerintah akibat caruk marut kepengurusan manajemen sebelumnya.

"Restrukturisasi Jiwasraya dimaksudkan untuk menyelesaikan permasalahan di Jiwasraya. Sehingga kerugian pemilik polis dan pemerintah bisa dihentikan," katanya saat dihubungi Merdeka.com, Kamis (12/11).

Piter mengungkapkan, kerugian yang sudah terjadi memang tidak bisa dielakkan. Akan tetapi, dengan restrukturisasi dia meyakini setidaknya nilai kerugian yang muncul tidak akan bertambah besar.

"Karena kerugian akan semakin besar apabila permasalahan di Jiwasraya dibiarkan berlarut-larut tanpa penyelesaian. Kerugian Jiwasraya yang berarti kerugian pemerintah dan juga kerugian nasabah sudah terjadi, sehingga perlu ditangani," paparnya.

Kendati demikian, Piter mengusulkan proses restrukturisasi juga dibarengi dengan upaya peningkatan ekosistem yang lebih baik di industri perasuransian dalam negeri. Sehingga akan meningkatkan daya saing dan mengembalikan tingkat kepercayaan publik terhadap industri asuransi domestik.

"Di antaranya penguatan pengawasan oleh OJK selaku regulator terhadap berbagai produk dan mekanisme asuransi, perusahaan asuransi harus lebih informatif terhadap nasabah dan transparan dalam perkembangan investasi, dan upaya lainnya yang menurut celah terjadinya perbuatan melanggar hukum," imbuh dia.

Baca Selanjutnya: Restrukturisasi Capai Rp103 Triliun...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini