Presiden Jokowi Sudah Kantongi Nama Dirut Baru Bank Mandiri dan BTN

Senin, 11 November 2019 18:29 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Presiden Jokowi Sudah Kantongi Nama Dirut Baru Bank Mandiri dan BTN Jokowi dan Jusuf Kalla Hadiri HUT Partai Golkar. ©2019 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memutuskan siapa nama Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan direktur utama Bank Tabungan Negara (BTN). Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir hal tersebut adalah keputusan dari Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Ya, beliau yang mutusin semua. Jadi BTN dan Mandiri sudah diputuskan beliau. Pokoknya semua untuk pengangkatan direksi, komisaris, seluruhnya direview langsung oleh pak presiden," ungkap Menteri Erick di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (11/11).

Dia enggan merinci siapa calon dari direktur BTN dan Mandiri tersebut. Kemudian, terkait sosoknya dari pihak internal pun dia enggan membeberkan. "Saya tidak bisa komen," kata Erick.

Sebelumnya, Menteri Erick mengaku akan segera mengumumkan direktur utama BTN pada akhir bulan ini. Pengesahan direktur baru akan diputuskan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). "Nanti akhir bulan (penunjukan Dirut BTN)," ujar Menteri Erick.

1 dari 1 halaman

Kapan Inalum dan Bank Mandiri Punya Pemimpin Baru?

Bank Mandiri dan PT Inalum saat ini tidak memiliki direktur utama, sebab kedua bos perusahaan pelat merah tersebut diangkat menjadi wakil menteri (wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendampingi Erick Thohir.

Erick mengungkapkan, saat ini pihaknya akan segera membahas penunjukan dirut baru di kedua perusahaan tersebut. Hal ini akan dilakukan dalam rapat pertama dirinya sebagai Menteri usai dilantik pada Rabu 23 Oktober lalu.

"Besok kan baru rapat pertama antara saya, wamen, sesmen (sekretaris) dan deputi. Besok baru diputuskan," kata dia saat ditemui di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (29/10).

Dia berharap surat keputusan mengenai penunjukan dirut baru dapat segera dia teken dalam waktu dekat. "Kan surat kepmennya mudah-mudahan saya tandatangani," ujarnya.

Namun, dia enggan mengungkapkan lebih jauh nama calon dirut pengganti. Kartika Wirjoatmojo (Tiko), dan Budi Gunadi Sadikin (BGS). Sebab masing-masing perusahaan pun perlu masa waktu transisi sebelum menunjuk dirut pengganti.

"Segera (ditentukan nama dirut baru), Bank Mandiri perlu waktu 45 hari," ujarnya.

Sementara itu, Tiko yang juga hadir dalam kesempatan tersebut mengungkapkan kemungkinan Bank Mandiri mengumumkan bos barunya. "Desember (tanggal) 20 an mungkin," ujarnya.

[bim]

Baca juga:
KAI Mulai Antisipasi Kenaikan Penumpang saat Libur Natal dan Tahun Baru
KAI Rancang Aturan Baru, Harga Tiket Kereta Berbeda Sesuai Lama Waktu Keberangkatan
Bayar Utang dan Beli Kereta Baru, PT KAI Terbitkan Obligasi Rp2 Triliun
Pelni Sabet 3 Penghargaan di Indonesia BusinessNews Awards 2019
Tingkatkan Penjualan, Pegadaian Jalin Kerjasama dengan 4 BUMD
Ditunjuk Jadi Stafsus Menteri BUMN, Arya Sinulingga Mundur dari Perindo
Arya Sinulingga jadi Staf Khusus Menteri BUMN

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini