Pesan Jokowi ke Pengusaha Wanita: Pandemi Harus Dihadapi dengan Cara Baru

Jumat, 18 Juni 2021 16:30 Reporter : Merdeka
Pesan Jokowi ke Pengusaha Wanita: Pandemi Harus Dihadapi dengan Cara Baru Presiden Jokowi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para pengusaha wanita di Indonesia mampu bangkit dan menyiasati tantangan perekonomian di masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut dikatakan Jokowi dalam sambutan secara online saat membuka Musyawarah Nasional Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) di J.W Marriot, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (18/6).

"Kita harus menghadapi pandemi ini dengan cara-cara baru, kegiatan ekonomi harus menaati protokol kesehatan. Paling terasa memang pada sektor perdagangan, yang berubah jadi perdagangan online," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan, situasi ini harus dimanfaatkan para pengusaha wanita IWAPI yang tidak boleh menyerah dengan keadaan. Justru, lanjut Jokowi, situasi saat ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

"Ketika harus digital, jarak fisik tidak jadi masalah. Produsen bisa jangkau konsumen sejauh ada akses internet. Kesempatan ini harus dimanfaatkan, untuk anggota IWAPI harus go digital, go nasional dan go global,"ujar Jokowi.

Untuk go global, kata Jokowi, bukan sebarang produk bisa dipasarkan. Makanya, perlu peran pengawasan IWAPI dalam perbaikan mutu produknya, kemasannya, serta pasarnya.

"Oleh karena itu penting IWAPI untuk memfasilitasi semuanya, kualitas produk, akses pembiayaan, produksi, ilmu pengetahuan baru, dan pangsa pasarnya," tegas Jokowi.

Baca Selanjutnya: Dorong Digitalisasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini