Penyelesaian pembangunan tol Batang-Semarang terkendala kuburan

Rabu, 11 Juli 2018 17:49 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menteri Rini Soemarno tinjau Tol Semarang-Batang. ©2018 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, menyebut progres pembangunan ruas Tol Semarang-Batang baru mencapai sekitar 84 persen. Kendati demikian, dirinya meyakini akhir tahun ini tol tersebut dapat segera diselesaikan.

"Kalau untuk jalur Batang Semarang itu kira-kira 85 persen," kata Menteri Rini saat melakukan peninjauan di ruas Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah, Rabu (11/7).

Menteri Rini mengungkapkan, ada beberapa kendala yang membuat pembangunan jalan tol yang terbentang sepanjang 75 kilometer (Km) tersebut sedikit terhambat. Diantaranya adalah masalah pembebasan tanah, di mana masih adanya lahan kuburan warga dan masjid yang belum terelokasikan.

"Di daerah Semarang itu, hampir ujungnya itu ada kuburan. Kuburannnya sebenarnya mereka sudah oke tinggal pemindahannya saja. Jadi mereka semua sudah setuju, tinggal proses pemindahan di tempat yang baru. Kemudian juga ada masjid. Masjid tinggal nunggu masjid yang baru selesai," imbuhnya.

"Insya Allah sebelum akhir Juli (masalah tanah) ini bisa selesai. Kalau itu terselesaikan, itu pasti terkejar," tambahnya.

Meski terhambat, Menteri Rini optimistis, proyek pembangunan Tol Semarang-Batang dapat dikebut pengerjaannya hingga Oktober mendatang. "Oktober insya Allah tapi nunggu dua itu ya finalisasi di ujung, deket Semarang," tandasnya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini