Pemerintah Bakal Lelang Proyek Tol Trans Papua Rute Wamena-Momugu Rp 1,9 T

Selasa, 12 Februari 2019 17:38 Reporter : Merdeka
Pemerintah Bakal Lelang Proyek Tol Trans Papua Rute Wamena-Momugu Rp 1,9 T Jokowi naik motor trail di Papua. ©biro pers

Merdeka.com - Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan, pemerintah kini telah menawarkan investor untuk menanamkan modal dalam pembangunan Jalan Trans Papua rute Wamena-Momugu melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Availability Payment (KPBU AP).

Dalam pembangunan rute ini, pemerintah membutuhkan investasi Rp 1,9 triliun. Rencananya, kontrak proyek ini dilakukan selama 13 tahun, di mana 3 tahun merupakan masa konstruksi dan 10 tahun masa pemeliharaan jalan.

"Iya, itu KPBU, rute Wamena-Momugu. Nilai proyeknya sekitar Rp 1,9 triliun," jelas dia saat ditemui di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (12/2).

Dia menjelaskan, proyek rute Wamena-Momugu ini sebenarnya sempat dilelang ke publik. Namun lantaran adanya insiden penembakan pekerja Trans Papua di ruas proyek tersebut beberapa waktu lalu, calon investor kemudian mengurungkan diri untuk ikut serta.

"Kemarin sudah market sounding, Sudah ada investor yang minat. Tapi begitu ada isu keamanan tak mendukung, pada waktu itu ya, mereka mikir-mikir lagi. Kita tak bisa salahkan," keluhnya.

Menindaki kasus ini, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR lantas berinisiatif mengubah trase Jalan Trans Papua ruas Wamena-Momugu ke area yang lebih aman, agar investor kembali bergairah untuk berinvestasi di dalamnya.

"Karena mereka juga tidak mau menjadi rugi atau bangkrut. Apabila sudah terkontrak kan urusan keamanan sudah di mereka. Keamanan itu kan tidak bisa pakai tolak ukur. Sementara kalau kita mengevaluasi, itu tidak ada biaya kemanan. Tidak ada item khusus untuk keamanan," tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini