Pemerintah Bakal Keluarkan Izin Impor 125.000 Ton Bawang Putih untuk 11 Perusahaan

Senin, 13 Mei 2019 20:10 Reporter : Merdeka
Pemerintah Bakal Keluarkan Izin Impor 125.000 Ton Bawang Putih untuk 11 Perusahaan bawang putih. merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan berencana akan kembali mengeluarkan izin impor bawang putih sebanyak 125 ribu ton untuk 11 perusahaan.

"Sedang dalam proses (impor bawang putih) untuk 11 perusahaan, sekitar 125 ribu ton," ungkap Sekretaris Jenderal Departemen Perdagangan Kementerian Perdagangan, Karyanto Supih di Jakarta, Senin (13/5).

Karyanto melanjutkan, jika dalam waktu dekat pasca Rencana Impor Produk Hortikultura (RIPH) tuntas, pihak importir juga wajib menjalankan kewajiban tanam sebesar 5 persen dari jumlah impornya.

Pada proses perizinan impor sebelumnya, dia menambahkan, itu telah berhasil menstabilkan harga bawang putih di pasar dalam negeri. "Realisasi yang 125 ribu ton impor seminggu kemarin sudah keluar. Terbukti di pasar sudah turun harganya," ujar dia.

Bila izin tambahan 125 ribu ton impor bisa terealisasi dalam waktu dekat, Karyanto berharap bisa menurunkan harga bawang putih di seluruh pasar tradisional menjadi hanya Rp30 ribu per kg

"Kalau aturan sebelum akhir bulan ini sudah keluar, harga di ritel modern kita minta Rp30 ribu (per kg). Karena kalau di pasar (tradisional) susah mengurusnya. Kalau nakal tinggal kita cabut saja," seru dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini