Pembangunan TOD Stasiun Bogor terkendala izin pemerintah daerah

Sabtu, 18 Agustus 2018 16:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pembangunan TOD Stasiun Bogor terkendala izin pemerintah daerah Menteri BUMN Rini Soemarno. ©2018 Humas BUMN

Merdeka.com - Pemerintah berencana mengembangkan kawasan hunian bagi masyarakat dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) di Stasiun Bogor, Jawa Barat. Sayangnya, pengerjaan TOD Stasiun Bogor masih terhambat oleh perizinan oleh Pemerintah Daerah.

"Jadi sudah dari tahun lalu kita rencana merevitalisasi stasiun Bogor secara total, tapi izinnya belum keluar, kita dorong terus ini dengan Pak Walikota," ungkap Menteri BUMN Rini Soemarno, ketika ditemui di sela-sela kunjungan ke rumah pensiunan PT Telkom, Jakarta, Sabtu (18/8).

Menteri Rini mengatakan, Pemerintah tentu berharap agar izin proyek yang bakal menyediakan sekitar 1.000 rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah tersebut, dapat keluar tahun ini.

"Memang harus komunikasi dengan Walikota. Kita maunya tahun ini karena usulan sudah kita masukkan tahun lalu, tapi memang banyak persoalan yang harus diselesaikan," jelas Rini

"Di Bogor kita akan bikin TOD, MBR, mereka kalau (masyarakat) bisa dapat tempat yang dekat dengan stasiun, biaya transportasi akan menurun," imbuhnya.

Dia menegaskan bahwa proyek TOD yang merupakan bagian dari revitalisasi stasiun Bogor, seharusnya segera dilakukan. Sebab saat ini stasiun tersebut sudah terlalu padat.

"Bogor juga sudah terlalu penuh ya. Setiap hari jumlah penumpang mencapai 180.000, sementara stasiun itu cuma bisa sampai 30.000. Sudah berkali-kali lipat. Jadi sudah tidak memadai," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini