Optimalkan penggunaan teknologi, Pelindo III hemat anggaran hingga Rp 784 M

Kamis, 9 Agustus 2018 15:26 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Optimalkan penggunaan teknologi, Pelindo III hemat anggaran hingga Rp 784 M Pelindo III. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Finance Director PT Pelindo III (Persero), Saefudin Noer mengemukakan perseroannya telah menjalankan langkah-langkah efisiensi untuk berbagai investasi infrastruktur. Salah satunya dengan menerapkan metode Building Information Modelling (BIM) dalam melakukan perencanaan pembangunan proyek.

Metode tersebut diharapkan mampu meningkatkan akurasi perencanaan proyek dengan memangkas perbedaan antara perencanaan dan realita pelaksanaan. Sehingga proyek pembangunan dapat dikerjakan dengan biaya yang efisien.

Dia menjelaskan, BIM diterapkan sejak triwulan I tahun ini untuk beberapa proyek, di antaranya pembangunan Pelindo Place, container yard dan flyover Terminal Teluk Lamong, dermaga Pelabuhan Tanjung Emas, dan Waingapu.

"Dengan menggunakan BIM, Pelindo III sudah dapat menghemat hingga Rp 784 miliar," ungkapnya dalam Konferensi Pers, di Jakarta, Kamis (9/8).

Tak hanya itu, Pelindo III juga menjalankan Project Rebound dengan melakukan optimalisasi aset perusahaan dalam peralatan bongkar muat dan proses bisnis yang diikuti dengan peningkatan produktivitas kerja.

"Pada pelaksanaan inisiatif Project Rebound di tahun ini diproyeksikan dapat mencapai efisiensi senilai Rp 1,13 triliun atau setara 162 persen dari target efisiensi di tahun 2018," imbuhnya.

Dalam pelaksanaan inisiatif ini, peran teknologi informasi dimaksimalkan, seperti sentralisasi pengadaan barang dan jasa, efisiensi biaya perawatan, optimasi dan renegosiasi kontrak dengan pihak ketiga, hingga pelaksanaan budaya hemat energi dan kebiasaan paperless.

Sebagai informasi, Building Information Modeling (BIM) adalah salah satu teknologi di bidang AEC (Arsitektur, Engineering dan Konstruksi) yang mampu mensimulasikan seluruh informasi di dalam proyek pembangunan ke dalam model 3 dimensi. Dengan menerapkan metode BIM, baik developer, konsultan maupun kontraktor mampu menghemat waktu pengerjaan, biaya yang dikeluarkan serta tenaga kerja yang dibutuhkan. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini