Mudik 2019, Tiket Pesawat Mahal Diprediksi Buat Pemudik Kapal Meningkat

Sabtu, 18 Mei 2019 18:00 Reporter : Merdeka
Mudik 2019, Tiket Pesawat Mahal Diprediksi Buat Pemudik Kapal Meningkat Mudik 2019, Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri dan GM ASDP Cabang Ketapang-Gilimanuk Fahmi Alweni. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Ketapang-Gilimanuk memprediksi terjadi peningkatan penumpang di arus mudik-balik Lebaran. Sejumlah persiapan mudik 2019 pun telah dimatangkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut.

General Manager ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang-Gilimanuk, Fahmi Alweni, mengatakan kenaikan penumpang tahun ini diperkirakan sekitar 5 persen dibanding tahun lalu. Sementara, kendaraan roda empat naik lebih tinggi lagi.

"Roda empat diprediksi naik 15 persen," ucap Fahmi di lokasi, Sabtu (18/5).

Fahmi mengaku optimistis jumlah penumpang pada tahun ini mengalami pertumbuhan sebab ada beberapa faktor mempengaruhi. Misalnya, dari segi harga, angkutan laut jauh lebih murah ketimbang udara. Ditambah lagi, dibukanya akses Tol Lintas Jawa dan Sumatera.

"Tiket pesawat cukup mahal, begitu juga bagasi. Saya yakin penumpang akan beralih ke angkutan laut," jelasnya.

PT ASDP menyiapkan 32 unit kapal yang beroperasi melayani rute penyeberangan Ketapang-Gilimanuk maupun sebaliknya. Fahmi mengatakan, pihaknya juga menyiapkan 24 unit kapal cadangan yang akan digunakan apabila terjadi kepadatan.

"Kapal yang kami siapkan sebanyak 56 Armada dengan 7 dermaga dan 7 dermaga cadangan," kata dia.

Tak cuma itu, pihaknya juga menambah loket untuk mengantisipasi antrean penumpang. "Penambahan loket 10 unit di Ketapang dan 11 unit Gilimanuk.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri menjelaskan, berkaca dari tahun lalu jumlah penumpang menjelang hari H yang menggunakan transportasi laut ke Ketapang mencapai 490.000 orang. "Nyaris 500.000 orang, puncaknya mudik 2019 ada di H-2 atau H-3 Lebaran," ucap dia.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini