Menhub Budi Sebut Tol Layang Jakarta-Cikampek Tidak Beroperasi Lebaran Tahun Ini

Senin, 22 April 2019 18:27 Reporter : Merdeka
Menhub Budi Sebut Tol Layang Jakarta-Cikampek Tidak Beroperasi Lebaran Tahun Ini Pembangunan Tol Layang Jakarta-Cikampek II. ©Liputan6.com/Bawono Yadika

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tol layang Jakarta-Cikampek (elevated) tidak akan beroperasi pada musim mudik 2019. Namun, nantinya akan diberlakukan sistem satu jalur (one way) dan lawan arus (contraflow).

"Tidak akan dioperasikan (tol layang Jakarta-Cikampek. Soal lalu lintas, nanti akan diterapkan one way dan contraflow," ujarnya di Gedung Kementerian Perhubungan, Senin (22/4).

One way (rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan jalur dua arah menjadi satu arah) dan contraflow (mengubah arah normal lalu lintas) dilakukan guna mengatur arus kendaraan dan menghindari kemacetan. Untuk mekanismenya sendiri, Budi mengatakan pihak Kepolisianlah yang punya wewenang mengatur hal tersebut.

Sementara, ada kemungkinan diterapkan sistem ganjil genap di beberapa titik yang dinilai padat kendaraan agar arus lalu lintas lebih lancar. Selain itu, ada juga kemungkinan exit tol mengalami kemacetan akibat penyempitan jalan. Budi mengaku akan mengantisipasi hal itu.

"Nanti kita roadshow ke Jawa Barat, Jawa Tengah dan kita lakukan simulasi di sana. Yang masif mungkin Jateng karena banyak yang mudik ke Semarang, Solo," tutupnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini