Mendikbud ke Menkominfo: Jangan hanya sekolah Joni dipasangi internet

Senin, 20 Agustus 2018 21:05 Reporter : Idris Rusadi Putra
Mendikbud ke Menkominfo: Jangan hanya sekolah Joni dipasangi internet Mendikbud Muhadjir Effendy. ©2018 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy meminta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara untuk memasang internet di seluruh sekolah di perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Saya baca beritanya, Menkominfo janji pasang internet di sekolahnya Joni. Saya sih mintanya kalau bisa jangan hanya sekolahnya Joni, kalau bisa semua sekolah di sana dipasangi internet," kata Muhadjir seperti dikutip dari Antara, Senin (20/8).

Menurutnya, seluruh sekolah di sana membutuhkan jaringan internet itu. "Mudah-mudahan (peristiwa) ini jalan yang dikehendaki Tuhan agar sekolah-sekolah di NTT lebih diperhatikan," ujar Mendikbud.

Muhadjir menyebut ada sekitar 105 sekolah baru didirikan di NTT. Masih banyak sekolah-sekolah di sana yang membutuhkan penanganan, karenanya dirinya meminta kerja sama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memberikan anggarannya.

"Karena tidak mungkin semua mengandalkan dari pusat. Di 2019, anggaran kita (Kemendikbud) akan dikurangi sebesar Rp4 triliun, dan justru DAK (Dana Alokasi Khusus) yang akan dinaikkan," ujar Menteri yang berkoordinasi dengan Kemenko PMK tersebut.

Mendikbud menerima Joni bersama orang tuanya, yakni Lorensa Gama (53) dan Viktorlino Fahik Marcal (65) di Gedung A Kemendikbud, dan menyerahkan beasiswa pendidikan hingga lulus SMA.

Selain itu, dia memberikan laptop, pakaian sekolah dan sepatu kepada Joni. Tidak lupa, sebagai kenang-kenangan, dirinya membubuhkan tanda tangan di sebuah foto atau poster Joni yang berukuran besar.

Diaa menyebut Joni sebagai 'role model' anak Indonesia jaman now. [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini