Mendag Enggar janji harga telur akan turun dalam satu minggu

Senin, 16 Juli 2018 18:23 Reporter : Merdeka
Mendag Enggar janji harga telur akan turun dalam satu minggu Enggartiasto Lukita. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menjanjikan harga telur akan turun pada minggu ini. Saat ini saja, harga telur masih terpantau mahal mencapai Rp 30.000 per Kilogram (Kg).

"Kita sepakat akan memberikan batas waktu tidak lebih dari 1 minggu, tapi ini bukan berarti langsung turun drastis tapi yang jelas ada penurunan," ucap Mendag Enggar di Gedung Kemendag, Senin (16/7).

Mendag menyebut bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah untuk menurunkan harga telur tersebut. Salah satunya dengan intervensi pasar.

"Kami siapkan langkah intervensi pasar dengan meminta para integrator yang besar untuk mengeluarkan stoknya dan kami akan lakukan penjualan langsung di pasar jika harga tidak turun dalam seminggu," ujarnya.

Selanjutnya, Kementerian Pertanian (Kementan) juga akan menggunakan hasil data audit sebagai keputusan jangka menengah merespons kenaikan harga telur.

"Untuk jangka menengah, Kementan sedang lakukan auditnya dan jika sudah selesai, kita bisa minta datanya untuk kemudian ambil langkah selanjutnya," ungkapnya.

Meski begitu, Enggar menjelaskan jangan sampai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dijadikan alasan bagi kenaikan harga komoditas telur tersebut.

"Ya macem-macemlah alasanya, ada demand meningkat, liburan panjang, dan lain sebagainya. Yang saya nggak habis pikir Pilkada dijadikan alasan. Jadi saya harap kondisi bisa kembali normal dan berjalan baik," tandasnya.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini