Masuki Masa Panen, Kemendag Pastikan Pasokan dan Harga Pangan Aman Jelang Lebaran

Selasa, 16 Maret 2021 12:03 Reporter : Sulaeman
Masuki Masa Panen, Kemendag Pastikan Pasokan dan Harga Pangan Aman Jelang Lebaran Muhammad Lutfi. ©Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Pemerintah menjamin ketersediaan harga terjangkau bahan kebutuhan pokok (bapok) untuk Ramadan dan Lebaran 2021. Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag bilang, Kementerian Perdagangan tengah menghitung, menganalisis, mengendalikan, dan mengeksekusi rencana guna memastikan suplai cukup. Sehingga, harga bisa diprediksi dan tetap stabil.

"Dari hasil pantauan kami secara nasional, menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini, ketersediaan serta harga bapok terpantau aman dan stabil. Kementerian Perdagangan telah melakukan koordinasi secara intensif dengan asosiasi produksi, penjual, distribusi, dan seluruh pemangku kepentingan terkait lainnya guna memastikan ketersediaan bapok nasional," ujarnya, Selasa (16/3).

Menurut Mendag Lutfi, saat ini beberapa komoditas seperti beras dan gula menjadi perhatian pemerintah untuk diantisipasi stabilitas harga dan kecukupan pasokannya. Namun, dipastikan menjelang Ramadan dan Lebaran, harga komoditas tersebut akan stabil.

"Hal itu disebabkan, pada Maret ini kita akan memasuki masa panen beras," terangnya.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

masuki masa panen, kemendag pastikan pasokan dan harga pangan aman jelang lebaran

Sedangkan untuk gula, proses impor raw sugar akan masuk dan menambah stok dan gula yang telah digiling akan masuk ke pasar. "Dengan begitu, harga gula akan kembali stabil menjadi Rp12.500/kg sesuai harga eceran tertinggi (HET)," ucapnya.

Hal yang sama, lanjut Mendag Lutfi, juga terjadi pada komoditas cabe merah. "Setelah sempat mengalami kenaikan harga akibat cuaca yang merusak panen di sejumlah sentra seperti Tuban, Kediri, dan Blitar di Jawa Timur; serta Wajo, Sulawesi Utara, harga cabe merah di pasaran saat ini sudah mulai turun karena akan memasuki masa panen. Sehingga, menambah stok di pasar dan membuat harga kembali stabil," bebernya.

Oleh karena itu, Mendag Lutfi menegaskan, seluruh komoditas bapok untuk kebutuhan nasional, terutama memasuki Ramadan dan Lebaran bisa terjaga dengan baik. "Saya pastikan juga, bila nanti ada kenaikan harga, itu sifatnya sporadis. Kami pastikan stok selalu tersedia dan kita akan melihat penurunan harga yang baik hingga Lebaran nanti," tegasnya.

[bim]

Baca juga:
Mendag Waspadai Kenaikan Harga Daging Sapi Jelang Ramadan
Sudah Impor 680.000 Ton, Harga Gula Tak akan Naik
Mendag Pastikan Harga Gula Rp12.500 per Kg Jelang Ramadan
Amankan Kebutuhan Ramadan, Indonesia Masih Butuh Impor Pangan
Cabai Rawit Tembus Rp140.000 per Kg di Tangerang, Tomat Naik 100 Persen
Membongkar Penyebab Mahalnya Harga Cabai Rawit
Harga Cabai di Makassar Meroket dari Rp15.000 Jadi Rp75.000 per Kilogram

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini