Lion Air Turunkan Harga Tiket Pesawat, Apakah Bakal Diikuti Maskapai Lain?

Minggu, 12 Januari 2020 15:30 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Lion Air Turunkan Harga Tiket Pesawat, Apakah Bakal Diikuti Maskapai Lain? Liburan Hemat, Lebih Gencar Berburu Promo Harga Tiket Pesawat. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Harga tiket pesawat rute domestik Lion Air mengalami penurunan. Hal ini pun disambut baik oleh para pengguna pesawat terbang. Namun, apakah penurunan harga tiket pesawat tersebut akan diikuti oleh maskapai lainnya?

Pengamat penerbangan, Gatot Raharjo, memprediksi hal ini tidak akan diikuti oleh maskapai lain. "Sepertinya tidak akan diikuti maskapai lain, terutama Garuda Indonesia. Karena Garuda sekarang baru merasakan untung dengan harga tiket yang normal," kata dia, kepada Merdeka.com, Minggu (12/1).

Selain itu, Citilink juga dinilai tidak akan melakukan penurunan harga. Sebab jika dilakukan, maskapai tersebut akan menderita kerugian.

"Tapi Citilink mengikuti kebijakan Garuda, jadi bisa saja dia dikorbankan untuk bersaing dengan Lion," ujarnya.

Sementara itu, Sriwijaya Air juga diprediksi tidak akan mengambil keputusan untuk menurunkan harga tiketnya. "Kalau Sriwijaya saat ini produksi-nya dipangkas habis. Kalau dia juga pasang harga rendah, bisa rugi," ujarnya.

Selain itu, Gatot menilai meski sudah turun namun harga tiket Lion Air sebetulnya masih tinggi. Sebab, harga yang tertera tidak termasuk biaya bagasi.

"Sebenarnya harga tiket pesawat murah Lion itu, karena dia juga mengenakan biaya bagasi, jadi jatuhnya mahal juga," tutupnya.

1 dari 1 halaman

'Alhamdulillah Akhirnya Harga Tiket Pesawat Turun Juga'

Masyarakat saat ini tengah berbahagia karena harga tiket pesawat salah satu maskapai untuk rute domestik kembali turun. Sebelumnya, mahalnya harga tiket pesawat sempat menjadi hal yang menghebohkan.

Kegembiraan tersebut terlihat dari postingan beberapa netizen di sosial media twitter. Salah satunya akun @yuddaardisa.

"Alhamdulillah akhirnya harga tiket pesawat turun juga," tulisnya, Minggu (12/1).

Hal senada juga diungkapkan oleh akun @LYDaerr. "Demi apa tiket pesawat turun harga, biasanya ekonomi 1 jtan lebih. Semoga gini terus sampai Juli, auto terbang aku nemuin papa yebin ????," tulisnya.

Dia juga melampirkan tangkapan layar yang menunjukan harga tiket pesawat rute Pekanbaru-Jakarta dengan harga Rp 600.000 an.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Merdeka.com di salah satu Online Travel Agent harga tiket pesawat rute domestik memang mengalami penurunan.

Misalnya, dari Jakarta ke Yogyakarta kini harganya berkisar antara Rp 300.000 - Rp 400.000. Padahal, sebelumnya harga tiket ke daerah istimewa tersebut mencapai Rp 800.000 an.

Sementara itu, rute Jakarta-Medan yang sempat dikeluhkan banyak orang karena dinilai menjadi terlampau mahal kini turun. Harga tiket kembali menjadi Rp 700.000 an.

Salah satu pengguna moda transportasi pesawat, Lia mengaku senang dengan adanya penurunan harga tiket pesawat tersebut. "Sekarang harga tiket pesawat domestik sudah murah lagi ya, aku syok sekaligus terharu melihatnya. Bisa pulang kampung lagi," ujarnya kepada Merdeka.com.

Sementara itu, saat berita ini ditayangkan, pihak maskapai masih belum memberi tanggapan terkait penurunan harga tiket pesawat tersebut.

[bim]

Baca juga:
Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Kapal Akhir Tahun di Kalimantan Meningkat 2 Kali Lipat
Turunkan Harga Tiket Pesawat, INACA Minta Program Avtur Satu Harga
Penyelundupan Garuda Indonesia Sampai Kasus Jiwasraya Bikin Heboh Sepanjang 2019
Citilink Beri Diskon Tiket 30 Persen saat Libur Natal dan Tahun Baru
Penjelasan Lion Air Soal Harga Tiket Manokwari-Makassar Viral Capai Rp20 Juta
Diskon Harga Avtur 20 Persen Diharapkan Turunkan Tarif Tiket Pesawat

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini