Lindungi kelautan RI, Menteri Susi resmikan Pandu Laut Nusantara

Minggu, 15 Juli 2018 10:43 Reporter : Merdeka
Lindungi kelautan RI, Menteri Susi resmikan Pandu Laut Nusantara Menteri Susi resmikan Pandu Laut Nusantara. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meresmikan Pandu Laut Nusantara sebagai wadah bersama untuk para pemerhati laut, baik dari mulai penyelam hingga asosiasi para pecinta laut.

"Hari ini kita kick off pandu laut nusantara. Kita buat untuk jadi wadah dari semua organisasi-organisasi pecinta laut," ujar Susi, di CFD Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (15/7).

Susi mengatakan, gerakan yang akan dilakukan nantinya akan membuat semacam jambore, dengan mengadakan pendidikan untuk berenang, menyelam, merawat, menjaga, dan mencintai laut. Selain itu juga, mereka akan membersihkan pantai-pantai Indonesia.

"Ini aksi pertama kita dari sabang sampai merauke nanti setelah organisasi ini lengkap anggota-anggotanya akan berdiri di sepanjang pantai untuk membersihkan pantai-pantai," kata dia.

Selain itu, Susi menyerukan semua pihak untuk menjaga laut dan seharusnya tak ada lagi yang melakukan penangkapan ikan dengan bom serta mengekspor binatang yang dilindungi di laut, seperti sirip ikan hiu. Menurutnya, menjaga laut bukan hanya urusan pemerintah saja tapi juga tugas bersama bagi semua pihak, termasuk masyarakat sipil.

"Tidak boleh lagi. Kita satukan stakeholder laut divers ada paddler ada kayak organisasi-organisasi yang cinta laut kita bersatu padu," imbuhnya.

Reporter: Yunizafira Putri

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini