Kenali Bahaya Kecanduan Belanja Online

Sabtu, 7 Desember 2019 19:09 Reporter : Merdeka
Kenali Bahaya Kecanduan Belanja Online belanja online. shutterstock

Merdeka.com - Untuk Cyber Monday, internet menjadi ladang jebakan dalam berbelanja online. Banyak orang yang menjadi sangat mudah tergiur dalam berbelanja di laman online, terlebih sebentar lagi Hari Belanja Online Nasional di mana setiap akun belanja online akan menyediakan diskon bombastis bagi konsumennya.

Munculnya e-commerce telah membuat gangguan pembelian dan belanja lebih parah dalam beberapa hal yang signifikan, khususnya internet yang menempatkan beragam produk yang menarik mata.

"Informasi produk yang dipersonalisasi, iklan pop-up, antarmuka yang mendalam dan sistem pembayaran kredit yang mudah, memiliki modul belanja yang dibangun di platform media sosial dapat mendorong keinginan untuk belanja online dan membuatnya lebih sulit untuk menghindari belanja online," kata Profesor psikologi di Hannover Medical School di Jerman Astrid Muller

Dilansir dari laman CNBC-Make It, menurut survei National Retail Foundation 2019. Bahkan tahun lalu, orang Amerika menghabiskan $ 6,9 miliar untuk Cyber Monday saja, yang merupakan peningkatan 19,3% dari 2017 dan diperkirakan 68,7 juta orang akan berbelanja di Cyber Monday pada tahun ini.

Dari banyaknya jumlah konsumen tersebut, pembelian boros dan belanja online ekstrem dapat menjadi masalah bagi sebagian orang. Gangguan pembelian kompulsif atau biasa akrab disebut "gangguan belanja" ialah kondisi kesehatan mental yang mempengaruhi sekitar 5% dari populasi, menurut sebuah studi 2016.

Profesor psikologi di Hannover Medical School di Jerman Astrid Muller menjelaskan hal itu (seorang yang mengidap Shopaholic) dapat ditandai dengan keasyikan ekstrem yang dirasakan penderita serta rasa keinginan untuk membeli dan berbelanja, juga keinginan yang tak tertahankan dan pencarian identitas untuk memiliki barang-barang konsumen.

Baca Selanjutnya: Tingkat Keparahan Kecanduan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini