Kemenhub Kampanyekan 'Selamanya' Serempak di 10 Otoritas Bandara

Minggu, 10 Februari 2019 17:00 Reporter : Kirom
Kemenhub Kampanyekan 'Selamanya' Serempak di 10 Otoritas Bandara Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti kampanye keselamatan di 10 otoritas Bandara. ©2019 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melakukan kampanye keselamatan, keamanan dan kenyamanan lalu lintas udara, yang diberi tema Selamanya (Selamat, Aman dan Nyaman). Kampanye ini ini digelar secara serempak di 10 Otoritas Bandar Udara di tanah air.

Hal itu ditandai dengan dilakukannya ramp safety check oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti kepada maskapai Garuda Indonesia yang ada di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta.

Polana mengatakan, pengecekan keselamatan tersebut, merupakan prioritas penerbangan yang menjadi agenda rutin. Namun, yang berbeda kali ini dilakukan secaraa serentak tepat pukul 10.00 WIB di 10 Otoritas Bandar Udara.

"Fokus utama kita ada di keselamatan, itu tidak bisa ditawar lagi. Makanya, dengan momen ini secara serentak kita lakukan ramp check pada beberapa pesawat," terang dia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dari hasil ramp check yang dilakukan jajarannya, Polana menyatakan, seluruhnya, berjalan aman dan tidak ada kendala yang berarti. Selain melakukan ramp check, Polana juga memberikan tanda kampanye selamanya kepada calon penumpang yang berada di Terminal 1 dan 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Tanda kampanye keselamatan ini, diberikan dengan pin keselamatan dan pemberian edukasi pentingnya keselamatan saat di udara. "Kita berikan juga edukasi ke masyarakat apa saja yang tidak boleh dibawa ke atas pesawat. Saat ini yang masih rawan akan kesaadaran keselamatan itu, soal menghidupkan telepon genggam di atas pesawat, terang dia.

Untuk itu, pihaknya meminta maskapai atau stakeholder terkait untuk melakukan pemberitahuan secara rutin supaya masyarakat sadar akan pentingnya keselamatan di udara.

Kampanye Selamanya 2019 ini diadakan serempak di 10 Otoritas Bandar Udara (OBU), seperti diantaranya OBU Wilayah I Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang; OBU Wilayah II Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang; OBU Wilayah III Bandara Internasional Juanda, Surabaya; OBU Wilayah IV Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali; OBU Wilayah V Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar; OBU Wilayah VI Bandara Internasional Minangkabau, Padang; OBU Wilayah VII Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan; OBU Wilayah VIII Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado; OBU Wilayah IX Bandara Rendani, Manokwari; OBU Wilayah X Bandara Mopah, Merauke. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini