Kemenhub Bantah Penurunan Penumpang Pesawat Karena Kenaikan Harga Tiket dan Bagasi

Minggu, 10 Februari 2019 20:00 Reporter : Kirom
Kemenhub Bantah Penurunan Penumpang Pesawat Karena Kenaikan Harga Tiket dan Bagasi pesawat. shutterstock

Merdeka.com - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti membantah penurunan jumlah penumpang yang terjadi pada periode Januari hingga Februari karena naiknya harga tiket pesawat dan pemberlakuan bagasi berbayar. Menurutnya, ini adalah hal biasa, karena masuk ke dalam periode low season.

"Setiap tahun itu terus seperti ini, angka penumpangnya turun. Jadi, bukan karena tiket, hanya saja kebetulan berbarengan, tiket naik dengan permintaan penumpang yang rendah dan akan normal lagi pada bulan Maret," kata Polana di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Minggu (10/2).

Selain itu, dia juga membantah bahwa belum turunnya anggaran belanja Pemerintah, ditengarai menjadi salah satu faktor penurunan jumlah penumpang pesawat di sepanjang Januari-Februari 2019 ini. Dia menjelaskan, rata-rata penumpang yang melakukan perjalanan di Bandara Soekarno-Hatta adalah pekerja dalam kegiatan Pemerintahan.

"Pertama, rata-rata penumpang di Bandara Soetta ini adalah pekerja di mana tentunya berkegiatan Pemerintahan, kegiatan itu semua belum dibiayai oleh APBN dan saat ini belum pencairan, masih belum mulai secara penuh penggunaan APBN-nya. Jadi, penumpangnya turun," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno Hatta, Herson menambahkan, penurunan yang terjadi di Bandara Soekarno Hatta dapat disebabkan oleh banyak faktor bukan dari faktor tunggal saja.

"Banyak akses buat liburan juga salah satu faktor jadi bukan karena tiket berbayar atau bagasi," jelasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini