Jokowi Minta Petani Tebu Beri Waktu Seminggu untuk Bahas Kenaikan Harga Gula

Rabu, 6 Februari 2019 18:00 Reporter : Supriatin
Jokowi Minta Petani Tebu Beri Waktu Seminggu untuk Bahas Kenaikan Harga Gula Presiden Jokowi. ©2018 Merdeka.com/Titin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima seluruh keluhan dan masukan dari petani tebu soal produksi gula di Tanah Air. Jokowi berjanji akan mencari solusi atas persoalan yang terjadi.

Ini disampaikan Jokowi saat bertemu petani tebu di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/2).

"Intinya yang saya tangkap pertama mesin-mesin dari pabrik BUMN harus direvitalisasi, bisa diterima," ucap Jokowi.

Jokowi kemudian berbicara tentang permintaan petani tebu agar pemerintah menaikkan harga gula ke angka Rp 10.500 dari sebelumnya Rp 9.700 per kg. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta waktu sekitar seminggu untuk mengumpulkan sejumlah pihak terkait guna meminta pendapat.

"Harga minta naik ke Rp 10.500, tolong diberi waktu seminggu saya akan undang pak Mitro (petani tebu) dan mungkin dari DPD nanti saya undang, dari APTRI (Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia) bicara soal ini," kata dia

"Jangan saya baru tahu terus minta diputuskan. Intinya semangatnya kita naikan berapanya belum diputuskan," imbuh Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga berjanji akan menyelesaikan persoalan distribusi bantuan sosial tebu yang tidak merata. Termasuk kendala dalam urusan KKPE (Kredit Ketahanan Pangan).

Berikutnya Jokowi akan mencari jalan keluar mengenai sistem bagi hasil antara petani tebu dengan pabrik gula.

"Sistem bagi hasil tetap dipertahankan akan ditindaklanjuti. Kemudian yang menarik dari pak Mulyadi (petani tebu) rendemen individu betul gak penting? sehingga semangat perbaiki rendemennya," kata Jokowi. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini