Jenis-Jenis Asuransi Ini Harus Dimiliki Masyarakat

Kamis, 16 Januari 2020 21:41 Reporter : Merdeka
Jenis-Jenis Asuransi Ini Harus Dimiliki Masyarakat asuransi. igiftblog

Merdeka.com - Chief Operating Officer Qoala, Tommy Martin mengatakan, kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi masih rendah. Padahal, asuransi sangat diperlukan jika sewaktu-waktu kejadian buruk menimpa Anda dan keluarga.

Selain asuransi kesehatan dan pensiun, masih banyak jenis-jenis asuransi yang harus dimiliki masyarakat agar hidup lebih nyaman. Dia juga mengimbau agar masyarakat bisa memahami produk asuransi yang dibutuhkan.

"Ini merupakan peranan produk asuransi, untuk melindungi hal tersebut," katanya di Jakarta, Kamis (16/1).

Dia mencontohkan, bagi konsumen yang sering melakukan penerbangan menggunakan pesawat, asuransi traveling merupakan hal yang dibutuhkan. "Atau orang yang sering melakukan belanja online, asuransi belanja online atau garansi produk sangat dibutuhkan dan berguna bagi mereka," ujarnya.

Selain itu, seseorang juga membutuhkan asuransi perjalanan, salah satunya penerbangan. Jika ada kendala dalam jadwal penerbangan, seperti keterlambatan penerbangan, maka masyarakat bisa mendapatkan klaim asuransi.

Kini Qoala bekerja sama dengan perusahaan penerbangan, untuk mendeteksi ketika ada keterlambatan penerbangan. "Jadi patokan kebenarannya pada deteksi nyata, yang diajukan pada perusahaan penerbangan. Informasi ini datang dari bandara masing-masing dan sangat transparan," imbuhnya.

1 dari 1 halaman

Asuransi Kendaraan

Tak hanya itu, asuransi yang paling dibutuhkan adalah asuransi kendaraan. Terlebih lagi saat terjadi bencana, seperti bencana banjir yang terjadi awal tahun ini.

"Jadi untuk konsumen, (dianjurkan) melihat kebutuhan masing-masing. Untuk masyarakat yang memiliki kendaraan, dengan kejadian seperti banjir misalnya, asuransi kendaraan itu juga sangat penting," lanjutnya.

Tommy menyebutkan, asuransi yang bisa diklaim karena bencana adalah mulai dari gempa bumi, kebanjiran, kebakaran. Namun, asuransi yang berlaku tergantung pada jenis kerusakannya.

"Misalnya ada kerusakan mobil, kita bukan mengganti mobilnya, namun lebih melihat pada aspek mana yang bisa kita lakukan, untuk perbaikan pada mobil tersebut, mengganti kerusakan yang diperlukan."

Untuk itu, Qoala bekerja sama dengan Mobil123 untuk mempermudah masyarakat mendapat layanan asuransi saat membeli mobil, dengan kemudahan dalam melakukan klaim dan mengatur polis secara digital.

Country Manager Mobil123.com, Regia Glamouria mengatakan dengan kolaborasi ini, diharapkan konsumen dapat membeli asuransi otomotif yang beragam, sesuai dengan kebutuhan konsumen. "Selain itu, tentu prosesnya sangat mudah dan cepat, hanya menggunakan aplikasi di smartphone saja," ujar Regia.

Reporter Magang : Nurul Fajriyah [azz]

Baca juga:
Qoala Luncurkan Aplikasi Permudah Masyarakat Dapat Layanan Asuransi
Kementerian BUMN Sebut 4 Calon Investor Siap Bantu Sehatkan Jiwasraya
Misi OJK Tahun ini, Dorong Layanan Perbankan Hingga Asuransi Berbasis Teknologi
Melihat Pelayanan di Gedung Asabri
Dukung Tuntaskan Kasus Jiwasraya, Kantor Erick Thohir Kembali Banjir Karangan Bunga
Presiden Jokowi Perintahkan OJK Reformasi Industri Asuransi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini