Jaga Pasokan Pangan, Pemerintah Siapkan Langkah Antisipasi Hadapi Kemarau Panjang

Rabu, 10 Juli 2019 18:30 Reporter : Dwi Aditya Putra
Jaga Pasokan Pangan, Pemerintah Siapkan Langkah Antisipasi Hadapi Kemarau Panjang sawah. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-JK tengah menyiapkan langkah antisipasi menghadapi musim kemarau panjang. Salah satunya adalah dengan menata kembali ekosistem agar lebih baik lagi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto mengatakan, dalam menata ekosistem, pemerintah tidak hanya fokus terhadap produksinya saja. Akan tetapi membuka jalur distribusi pangan agar lebih efisien.

Di samping itu, untuk menghadapi persoalan kemarau panjang juga dibutuhkan penyediaan gudang baru. Fungsi gudang ini nantinya akan digunakan untuk menaruh beberapa komoditas yang mudah membusuk.

"Hal-hal seperti itu yang perlu dipersiapkan lebih matang. Pada dasarnya oke semua. Nanti kita siapkan rakornas inflasi 25 juli mendatang," katanya saat ditemui di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Rabu (10/7).

Di sisi lain, pria yang kerap disapa Kecuk ini mengaku khawatir kelompok pangan bergejolak seperti cabai masih akan tetap menyumbang inflasi akibat musim kemarau panjang. Sebab, berkaca pada bulan Juni inflasi masih terjadi akibat komoditas cabai.

"Kalau dilihat dari kemarin, hanya itu saja. cabe merah cabe rawit. kalau beras aman, tidak menimbulkan (inflasi)," katanya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Juni 2019 sebesar 0,55 persen. Inflasi ini didorong oleh kenaikan harga sejumlah komoditas. Adapun untuk inflasi tahun kalender yaitu Januari-Juni 2019 mencapai 2,05 persen, sedangkan inflasi tahun kalender sebesar 3,28 persen.

"Adanya kenaikan dari hasil pemantauan di 82 kota di bulan Juni 2019 terjadi inflasi 0,55 persen," ujar dia di Kantor BPS, Jakarta, Senin (1/7/2019). [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini