Jaga Keandalan Listrik Server KPU Usai Pemilu 2019, PLN Disjaya Tambah Daya 41,5 kVA

Sabtu, 20 April 2019 17:00 Reporter : Dwi Aditya Putra
Jaga Keandalan Listrik Server KPU Usai Pemilu 2019, PLN Disjaya Tambah Daya 41,5 kVA Pemilu 2019 KPU. ©2017 Merdeka.com/Genan

Merdeka.com - Proses Pemilu 2019 sampai pada tahap perhitungan suara. Situs real count KPU pun menjadi sorotan seluruh masyarakat di Indonesia karena sempat tidak bisa diakses alias down sehari setelah pemilu.

Guna mengantisipasi kejadian serupa, Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan penyambungan daya sementara khusus untuk server KPU sebesar 41,5 kVA dan dilengkapi Uniterruptible Power Supply (UPS) sebesar 100 kVA. Sebab, server KPU sendiri membutuhkan daya listrik ekstra dengan perkuatan listrik keandalan tinggi.

"KPU sendiri sudah menjadi pelanggan premium platinum PLN yang dipasok dari 2 sumber listrik dari 2 gardu induk berbeda sehingga punya keandalan tinggi," ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad, melalui keterangannya, Sabtu (20/4).

PLN sendiri telah selesai melakukan penambahan daya pada Kamis, 19 April 2019. Koordinasi dengan tim IT KPU RI juga dilaksanakan guna memastikan pasokan listrik cukup.

Selain dilengkapi dengan UPS, penambahan daya sementara ini juga dilengkapi dengan Automatic Change Over (ACO) Tegangan Rendah (TR).

Sebelumnya, sehari setelah Pemilu 2019 berlangsung, masyarakat mengeluhkan sulitnya mengakses situs KPU. Terkait dengan down-nya situs KPU, pengurus ID Institute Irwin Day berpendapat bahwa ini bukan pertama kalinya server KPU down di masa pemilu. "Setidaknya terjadi di dua pemilu terakhir. Ketika pilkada serentak lalu, dan pemilu kini," kata Irwin.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini