Ini Penyebab Rupiah Terkapar Hingga Rp14.453 per USD

Rabu, 15 Mei 2019 19:23 Reporter : Anggun P. Situmorang
Ini Penyebab Rupiah Terkapar Hingga Rp14.453 per USD idr rupiah. shutterstock

Merdeka.com - Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) melemah dalam beberapa hari terakhir. Hari ini Rupiah bahkan menyentuh angka Rp14.453 per USD.

Senior Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan, pelemahan nilai tukar ini disebabkan oleh faktor musiman yaitu pembayaran deviden dan bunga utang luar negeri pada triwulan II.

"Disebabkan pada faktor musiman pembayaran deviden dan bunga utang luar negeri pada triwulan kedua," ujar Andry di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (15/5).

Andry mengatakan selain karena pembayaran deviden dan utang, pelemahan Rupiah juga dipengaruhi oleh peningkatan impor barang konsumsi menjelang Ramadan.

"Penyebab lain yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatnya tensi perang dagang antara AS dan Tiongkok," kata Andry.

Perang dagang, kata Andry, menyebabkan terjadinya arus modal keluar instrumen investasi safe haven yang ditandai dengan menurunnya IHSG serta meningkatnya imbal hasil SBN bertenor 10 tahun.

"Menurut kami volatilitas nilai tukar tersebut hanya bersifat sementara dan kami memprediksi pada akhir tahun ini nilai tukar Rupiah akan berada pada kisaran Rp14.248 per USD," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini