Ini lokasi dan biaya pembuatan SKCK untuk pendaftaran CPNS

Kamis, 20 September 2018 14:54 Reporter : Merdeka
Ini lokasi dan biaya pembuatan SKCK untuk pendaftaran CPNS Surat SKCK. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 secara serentak pada 26 September mendapat respons besar dari masyarakat. Warga ramai-ramai menyiapkan dokumen sebagai syarat mendaftar CPNS, salah satunya Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Lalu bagaimana cara mengurus SKCK?

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen, Dedi Prasetyo, mengatakan pembuatan SKCK bisa dilakukan di semua kantor polisi di tingkat Polsek hingga Polda.

"Tergantung kepentingan di situ, ada mulai dari tingkat Polsek, Polres, Polda dilayani. Diutamakan KTP domisili, karena nanti akan dicek rekam jejak masyarakat tersebut," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (20/9).

Biaya yang dikenakan untuk pembuatan SKCK sebesar Rp 30.000. Ketentuan itu didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Sesuai PP 60/2016 sebesar Rp 30.000, itu resmi ke pemerintah dan tidak masuk ke polisi tapi disetorkan Polri langsung ke kas negara dalam hal ini Kemenkeu yang nanti akan memberikan sebagai tambahan untuk dukungan operasional kepolisian," ucap Dedi.

Sebelumnya, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN)‎, Mohammad Ridwan‎, mengatakan sambil menunggu waktu tersebut para calon pelamar diharapkan dapat mempersiapkan beberapa dokumen yang akan dibutuhkan dalam pendaftaran rekrutmen CPNS 2018.

Beberapa dokumen tersebut antara lain, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), ijazah asli, transkrip nilai dan foto resmi dengan background merah.

"Juga dokumen pendukung sesuai persyaratan masing-masing Instansi," ujar dia.

Dia mengungkapkan, untuk pendaftaran, BKN telah mengimbau seluruh K/L dan Pemda yang membuka formasi CPNS 2018 untuk dapat mengumumkan penerimaan CPNS, selain di laman www.sscn.bkn.go.id juga melalui portal masing-masing K/L dan Pemda.‎

"Pendaftaran rekrutmen CPNS tahun 2018 akan dimulai secepat-cepatnya tanggal 26 September 2018 dan pendaftaran dilakukan sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN," kata dia.

Pelamar CPNS dapat mengakses portal ‎www.sscn.bkn.go.id untuk mengetahui‎ persyaratan dan formasi CPNS 2018 yang dibuka oleh K/L dan Pemda. Hal ini sebagai bahan pertimbangan sekaligus memudahkan calon pelamar mengetahui posisi, lokasi penempatan dan persyaratan setiap formasi baik di instansi pusat maupun daerah.

Reporter: Nafiysul Qodar

Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini