Harga Pertamax Cs Turun, Ini Tanggapan Masyarakat

Sabtu, 5 Januari 2019 14:30 Reporter : Dwi Aditya Putra
Harga Pertamax Cs Turun, Ini Tanggapan Masyarakat Antrean BBM di SPBU di Bandung. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Non Subsidi dengan besaran yang bervariatif. Hal ini seiring dengan turunnya harga rata-rata minyak mentah dunia dan penguatan rupiah terhadap dolar Amerika.

Penyesuaian harga jual BBM tersebut berlaku mulai hari ini sejak pukul 00.00 waktu setempat. Adapun jenis BBM yang mengalami penyesuaian harga yakni Pertalite turun sebesar Rp 150 per liter, Pertamax turun Rp 200 per liter, Pertamax Turbo turun Rp 250 per liter, Dexlite turun Rp 200 per liter, dan Dex turun Rp 100 per liter.

Penyesuaian harga tersebut pun menuai berbagai respons masyarakat. Bahkan sebagian ada yang menilai keputusan pemerintah dalam menurunkan harga patut dipertanyakan mengingat situasi saat ini tengah memasuki tahun politik.

Salah satu Mahasiswa Universitas Islam '45' (Unisma) Bekasi, Dicky Rezhary Hardiyanto, mengatakan meski secara penurunan masih sangat kecil namun secara pengeluaran akan berpengaruh. Meski begitu, dirinya mempertanyakan kenapa penurunan ini terjadi ketika masa Pemerintahan Jokowi-Jk akan berakhir.

"Mau besar atau kecil (penurunannya), cost akan terpengaruh. Namun sepertinya sudah bukan saatnya lagi kita berpikir seperti (itu). Sepertinya akan lebih menarik kita bahas dari alasan diturunkannya harga Pertamax cs. Kenapa gitu yah semua bisa seketika serba murah diakhir kepemimpinan," kata Diki saat berbincang dengan merdeka.com, Sabtu (5/1).

Sementara itu, warga lainnya Karunia Anurma mengatakan, penyesuaian harga yang diberlakukan oleh pemerintah tidak berpengaruh besar terhadap dirinya. Pemerintah justru diminta lebih berani menurunkan besaran harga untuk bahan bakar minyak.

"Menurut saya tidak begitu berpengaruh sih, kalau mau menurunkan ya jangan nanggung cuma segitu langsung banyak saja. Kayak kalau naikin juga suka langsung banyak," tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan warga lainnya yakni Diannuari Anggita. Dia mengatakan, meski tidak berpengaruh besar namun penurunan harga bahan bakar minyak ini patut disyukuri. Terlebih terpenting kata dia adalah pasokan untuk BBM sendiri lancar.

"Menurut saya pribadi gak berpengaruh sama cost yang dikeluarin, soalnya udah terbiasa beli bensin pake harga bulet. Tapi disyukuri aja walaupun cuma turun dikit, setidaknya pasokan bensin lancar," tandasnya.

Sebagai gambaran, untuk wilayah Jabodetabek, Pertamax Cs mengalami perubahan sebagai berikut :

1 Pertalite Rp 7.800 turun menjadi Rp 7.650 per liter
2 Pertamax Rp 10.400 turun menjadi Rp 10.200 per liter
3 Pertamax Turbo Rp 12.250 Rp turun menjadi Rp 12.000 per liter
4 Dexlite Rp 10.500 turun menjadi Rp 10.300 per liter
5 Dex Rp 11.850 turun menjadi Rp 11.750 per liter. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini