Hanif Dhakiri Ajak Anak Muda Optimalkan Ruang Demokrasi Guna Bangun Bangsa

Minggu, 10 November 2019 23:00 Reporter : Merdeka
Hanif Dhakiri Ajak Anak Muda Optimalkan Ruang Demokrasi Guna Bangun Bangsa Hanif Dhakiri. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Ketenagakerjaan RI 2014-2019, Hanif Dhakiri bercerita pentingnya menghargai ruang demokrasi secara positif. Di era informasi yang serba cepat dan instan, seseorang perlu secara bijak memanajemen diri agar mengoptimalkan segala kesempatan yang dipunya untuk membawa manfaat bagi orang lain.

"Generasi muda harus bersyukur punya ruang demokrasi. Jangan cuman berantem di sosmed padahal orangnya nggak kenal. Kebebasan adalah suatu hasil dari perjuangan orang lain sebelum kita," ucap Hanif pada acara Indonesia Next Leader (INL), yaitu sebuah gerakan strategis dengan semangat untuk mencari dan mengakselerasi pemimpin-pemimpin potensial Indonesia di masa mendatang.

Selain itu, dia juga mengungkapkan, demokrasi akan efektif jika sudah sejalan dengan hukum yang berlangsung di suatu negara terkait.

"Rule of law kita masih lemah. Di UK nyalain mobil 15 menit nggak jalan kena denda, di Indonesia bebas. Demokrasi kalau sudah bisa go hand in hand dengan rule of law maka demokrasinya bisa efektif," ujarnya.

Dia mengajak anak mudah untuk jangan ragu jika mempunyai mimpi untuk membangun bangsa, salah satunya lewat jalur politik.

"Politik itu tidak kotor, kalau kotor itu politisinya. Kalau Pak Jokowi bisa jadi Presiden, maka pelajaran apa yang bisa diambil? Setiap orang atau bahkan Anda di sini semua bisa jadi Presiden bangsa suatu saat nanti," pungkasnya.

Baca Selanjutnya: Bos Emtek Bagikan Tips Sukses...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Muhammad Hanif Dhakiri
  3. Emtek
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini