Garuda Indonesia Buka Peluang Kerjasama dengan Agen Travel Haji Khusus dan Umrah

Kamis, 13 Februari 2020 21:03 Reporter : Idris Rusadi Putra
Garuda Indonesia Buka Peluang Kerjasama dengan Agen Travel Haji Khusus dan Umrah Garuda Indonesia. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Maskapai nasional, Garuda Indonesia membuka kesempatan bagi agen travel Haji Khusus dan Umrah untuk menjalin kerja sama penjualan tiket pesawat. Hal ini dilakukan dalam rangka memaksimalkan potensi pasar sekaligus meningkatkan kualitas layanan penerbangan bagi jemaah Baitullah.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, kerjasama yang dilakukan antara Garuda Indonesia dengan agen travel Haji khusus dan Umrah ini merupakan salah satu wujud peningkatan pelayanan maksimal kepada para jemaah yang akan berangkat ke Baitullah dengan menyediakan pilihan channel pembelian tiket pesawat yang lebih beragam.

"Kami berupaya untuk menjalin komunikasi intensif sekaligus menjadi wadah evaluasi dalam menjadikan pelayanan bagi jemaah Haji dan Umrah dari segi penjualan tiket pesawat agar semakin baik ke depannya, khususnya bagi agen travel yang sudah memiliki izin sebagai PPIU dan PIHK," kata Irfan dikutip keterangannya di Jakarta.

Timur tengah merupakan salah satu pangsa pasar yang menjanjikan, untuk itu Garuda Indonesia berkomitmen untuk terus memperluas channel penjualan tiket pesawat pada rute-rute tersebut melalui kemitraan yang berkelanjutan bersama dengan agen travel Haji Khusus dan Umrah di seluruh Indonesia.

1 dari 2 halaman

Direksi Baru Garuda Indonesia Diminta Maksimalkan Rute Penerbangan Internasional

garuda indonesia diminta maksimalkan rute penerbangan internasional rev1

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia telah menyetujui jajaran direksi dan komisaris baru. Salah satunya menetapkan Irfan Setiaputra telah ditetapkan sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia.

Pengamat Penerbangan Alvin Lie berharap, direksi dan komisaris yang baru bisa meningkatkan pendapatan dengan memperkuat rute penerbangan internasional. Menurutnya, Garuda Indonesia bisa bekerja sama dengan maskapai penerbangan lain yang tergabung dengan SkyTeam.

"Garuda ini jangan hanya jago di negeri sendiri. Walaupun yang mengangkut airline lain tapi Garuda tetap dapat penghasilan," kata Alvin di kantor Ombudsman RI, Jakarta Selatan, Rabu (22/1).

Dia menjelaskan, tiket rute internasional yang dikeluarkan Garuda Indonesia sudah berada di kelas premium setara dengan maskapai Singapura airlines. Meski demikian, perlu dikaji kembali apakah dengan tarif tersebut sudah diminati pasar, tak masalah bila harga tiket dan fasilitas penerbangan internasional diturunkan sedikit demi menarik pasar.

2 dari 2 halaman

Penerbangan ke Eropa

eropa rev1

Terkait penerbangan rute ke Eropa, Alvin menilai direksi baru harus mengkajinya kembali. Sebab sejak Dirut Garuda Indonesia dijabat Pahala N Mansury, rute Jakarta-London dianggap kurang diminati.

"Sejak zaman Pak Pahala sudah saya pertanyakan, kenapa London diambil, mengapa tidak Amsterdam atau Paris atau Frankfurt?" jelasnya.

Alvin menilai rute percobaan yang sempat dibuat Ari Askhara yakni Bali-Amsterdam laik dipelajari. Jika penerbangan Indonesia difokuskan ke pariwisata, pilihan mendarat di Bali dari Amsterdam dianggap lebih baik. Sebab, penerbangan internasional yang mendarat di Jakarta biasanya untuk kepentingan bisnis.

Selain rute konsep penerbangan internasional dan harga juga perlu diperhatikan. Untuk itu, direksi baru sebaiknya mengkaji ulang rute-rute penerbangan internasional dan jenis pesawat yang dipakai agar lebih efisien dan meningkatkan penghasilan. [idr]

Baca juga:
Kisah Cinta Soekarno yang Tak Selalu Bersambut, Pernah Ditolak Dua Wanita Ini
Bea Cukai: Penyidikan Kasus Penyelundupan Harley di Garuda Indonesia Belum Rampung
Mulai Lusa, Garuda Indonesia Tunda Sementara Penerbangan dari dan ke China
Hal-Hal Ini Harus Dimiliki Pimpinan Garuda Indonesia
Garuda Indonesia Kaji Penutupan Rute ke China, Calon Penumpang Bisa Refund
Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo Jalani Sidang Lanjutan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini