Dibuat grafik, perjalanan Ekonomi RI 1947-2017 dapat rekor MURI

Rabu, 30 Agustus 2017 19:06 Reporter : Anggun P. Situmorang
Dibuat grafik, perjalanan Ekonomi RI 1947-2017 dapat rekor MURI Peluncuran infografik perjalanan ekonomi Indonesia 1945-2017. ©2017 merdeka.com/Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan piagam atas rekor infografik terpanjang mengenai perjalanan ekonomi Indonesia sejak 1945 hingga 2017. Tampilan visual berukuran tinggi 1,8 meter dan lebar 17 meter ini menjelaskan tentang sejarah perekonomian Indonesia pasca-kemerdekaan.

Piagam tersebut diserahkan oleh CEO dan Penggagas MURI Jaya Suprana kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pada acara peluncuran infografik di Main Atrium Grand Indonesia, East Mall, Rabu (30/8).

Darmin mengatakan skema grafik tersebut sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengetahui perjalanan perekonomian negara. Skema ini, menurutnya, lebih menarik daripada harus membaca tabel.

"Supaya masyarakat bisa mengikuti perjalanan sejarah ekonomi kita secara mudah. Saya kan bilang tadi kalau menurut penulis buku sejarah Diponegoro orang Indonesia itu tidak terlalu tertarik dengan sejarah. Setelah dibikin begini mungkin dia lebih tertarik lebih mudah," ujar Darmin saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (30/8).

Darmin mengatakan melalui infografik tersebut, masyarakat semakin mudah menilai apa saja kinerja pemerintah dari setiap kepemimpinan yang telah dicapai. Selain itu, peristiwa yang terjadi di setiap kepemimpinan juga dapat diamati pada infografik tersebut.

"Sehingga kita bisa mengikuti bukan hanya pergerakan dari tahun ke tahun tetapi juga kebijakan yang diambil. Jadi ada banyak informasi disini, diluar sekedar kenaikan, penurunan atau soal pendapatan perkapita. Bisa soal macam macam, bisa soal kebijakan apa saja yang pernah dan penting diambil, apa saja peristiwa yang kita anggap agak khusus itu semua terlihat dengan baik," pungkasnya.

Sebagai informasi, infografik ini telah dipamerkan di Monumen Nasional bersamaan dengan pameran infografik dan foto tentang Kemajuan Pembangunan infrastruktur di Indonesia yang disaksikan oleh Presiden Joko Widodo bersama jajaran menteri-menteri kabinet kerja beberapa waktu lalu. [sau]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini