Di Singapura, Menperin bocorkan upaya Indonesia hadapi revolusi industri ke-4

Selasa, 16 Oktober 2018 21:12 Reporter : Ahda Bayhaqi
Di Singapura, Menperin bocorkan upaya Indonesia hadapi revolusi industri ke-4 airlangga hartarto. ©2018 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mebeberkan upaya Indonesia dalam menghadapi revolusi industri ke-4. Ini disampaikan Airlangga saat menjadi pembicara pada diskusi panel Industrial Transformation Asia-pacific (ITAP) 2018 di Singapura.

Dalam acara ini, Airlangga menyebut bahwa salah satu cara yang dilakukan yaitu merevitalisasi sekolah kejuruan dan pelatihan keterampilan.

"Apa yang Indonesia tengah lakukan kami memperkenalkan kembali sekolah kejuruan dan pelatihan," ujar Airlangga.

Menurut Ketum Partai Golkar itu, pemerintah mengeluarkan program 'link and match' sekolah kejuruan dengan pelaku industri. Serta mengubah kurikulum agar 70 persen siswa sekolah kejuruan melakukan praktik lapangan.

"Kami telah merevitalisasi 1.300 yang berkolaborasi 600 industri. Kami juga mengenalkan kembali politeknik dan long life learning," jelas Airlangga.

Selain itu, pemerintah melakukan pemberian skill baru untuk mengembangkan sumber daya manusia. Seperti contohnya, melakukan kerja sama bersama Apple dengan membangun Apple Academy yang fokus pengembangan IOS.

Terbaru adalah rencana bos Alibaba Jack Ma mendirikan Jack Ma Institute di Tanah Air."Ini untuk mempersiapkan digitalisasi sumber daya manusia dan e-commerce," imbuhnya.

Pemerintah juga melakukan pelatihan terhadap PNS. Selain itu, pengembangan perusahaan rintisan (start-up) sebagai tech leader. Saat ini sudah ada empat start-up asal Indonesia yang bervaluasi miliaran dolar, yaitu Go-Jek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak. "Kami menargetkan satu lagi untuk menjadi unicorn, yaitu Ruangguru," kata dia.

Airlangga juga menjelaskan lima fokus utama Indonesia yang direvitalisasi dalam Industri 4.0. Yaitu, industri elektronik, otomotif, tekstil, farmasi bioteknologi, serta minuman dan makanan. [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini