BPJT: Sistem Satu Arah dari Jakarta Sampai Semarang dari 31 Mei Hingga 1 Juni

Selasa, 7 Mei 2019 18:26 Reporter : Dwi Aditya Putra
BPJT: Sistem Satu Arah dari Jakarta Sampai Semarang dari 31 Mei Hingga 1 Juni Arus balik di Tol Cikampek macet. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah akan kembali memberlakukan one way sistem satu arah di jalan tol pada saat Mudik Lebaran 2019. Nantinya, rekayasa lalu lintas ini akan diberlakukan dari arah Jakarta menuju Semarang.

Kepala Sub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Joko santoso mengatakan, kebijakan ini diterapkan sebagai pengganti dari sistem ganjil genap. Sebab, penerapan ganjil genap sendiri banyak ditemukan kendala.

"Kemarin berdasarkan rapat pimpinan di Kementerian Perhubungan untuk wacana ganjil genap untuk sementara di hold karena sangat banyak sekali kendala. Karena pelaksanaannya ganjil genap harus lebih intens mengawasi. Sedangkan petugas kepolisian sendiri sangat terbatas. Difokuskan untuk mengatur lalu lintas di jalan tol," jelasnya saat diskusi dan peluncuran buku Mudik Minim Polemik, di Jakarta, Rabu (7/5).

Joko mengatakan rencana one way sendiri akan diberlakukan mulai 31 Mei hingga 1 Juni 2019 dari Jakarta ke arah Semarang. "Dimulai dari Km 29 sampai Km 262 atau daerah Brebes Barat," imbuhnya.

Berdasarkan hasil evaluasi dari mudik tahun lalu, sebenarnya penggunaan one way sendiri juga hasil dari penerapan contra flow. Di mana, penerapan contra flow pada saat itu dinilai sangat efektif untuk mengurai kemacetan.

"Namun karena jaraknya sangat pendek sehingga terjadi kemacetan lagi diujungnya ketika akan bergabung. Sehingga waktu itu dari pihak kepolisian tahun 2018 memutuskan menggunakan sistem one way. Secara efektif membantu pemudik," jelas Joko.

"Atas dasar itulah pemerintah menyetujui kebijakan one way sistem. Untuk diterapkan pada saat arus mudik tahun ini," tutupnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini