BI Kaltim Siapkan Uang Tunai Rp5,3 Triliun Jelang Lebaran

Kamis, 16 Mei 2019 21:29 Reporter : Saud Rosadi
BI Kaltim Siapkan Uang Tunai Rp5,3 Triliun Jelang Lebaran Mobil Penukaran Uang . ©2012 Merdeka.com/siwi

Merdeka.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Timur, menyiapkan uang tunai Rp5,3 triliun untuk melayani penukaran uang jelang Lebaran 2019. BI mengingatkan masyarakat hanya menukarkan uang di 28 bank dan 2 BPR, untuk mewaspadai peredaran uang palsu.

Layanan penukaran uang beragam pecahan itu dimulai hari ini hingga 29 Mei 2019 mendatang. Di Samarinda misalnya, ada 2 lokasi pusat belanja Big Mall dan Plaza Mulia, yang bekerjasama dengan BI dan perbankan.

"Jadi layanan penukaran uang, kami buka mulai dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore," kata Kepala Perwakilan BI Kalimantan Timur Muhammad Nur, Kamis (16/5).

Nur menerangkan, selain 2 lokasi pusat belanja itu, masyarakat tetap bisa menukarkan uang di semua kantor cabang perbankan di Kalimantan Timur, tanpa dikenakan sepeserpun.

Nur juga mengingatkan, masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil, tidak menukarkannya melalui penukar uang ilegal. "Selain dikenakan biaya tambahan, juga ada risiko beredarnya uang palsu," ujar Nur.

Lebaran tahun ini, estimasi kebutuhan uang di Kalimantan Timur telah disiapkan Rp5,3 triliun. Adapun rinciannya, area di bawah pengelolaan BI Kaltim meliputi kota Samarinda, Berau, kota Bontang, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kutai Barat hingga Mahakam Ulu.

"Sementara, untuk BI Balikpapan disiapkan Rp2,3 triliun untuk melayani kegiatan serupa, di Balikpapan, Penajam Paser Utara, dan Paser," tutup Nur. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini