Antisipasi Mudik Lebaran, Pemerintah Siapkan 5 Titik Helipad Untuk Evakuasi

Selasa, 7 Mei 2019 20:59 Reporter : Dwi Aditya Putra
Antisipasi Mudik Lebaran, Pemerintah Siapkan 5 Titik Helipad Untuk Evakuasi arus balik tol cikampek padat. ©2018 Merdeka.com/bram salam

Merdeka.com - Pemerintah akan menyiapkan helipad atau landasan untuk helikopter di lima titik kawasan terpadat pada saat mudik Lebaran 2019. Ini dilakukan untuk memudahkan pemantauan hingga mengantisipasi akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Sub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Joko santoso mengatakan, landasan parkir untuk helikopter sendiri akan disediakan di masing-masing daerah berbeda. Yakni di Cirebon, dengan memanfaatkan Bandara Cirebon, kemudian di kilometer 72 Cikampek, di pintu Tol Kali Kangkung, di Tol Semarang-Batang, dan yang terakhir akan tersedia di Ngawi Jawa Timur.

"Penyediaan helipad salah satu pelayanan dari pemerintah terkait adanya penyelenggaraan rutin yang notabene yang pengguna jalan tol semuanya memenuhi jalan tol sehingga proses evakuasi dan monitoring pemerintah sendiri itu sulit. Sehingga pemerintah memutuskan untuk menyediakan helipad untuk evakuasi apabila ada kecelakaan atau pengguna jalan tol yang sakit di jalan tol," katanya saat ditemui di Jakarta, Selasa (7/5).

Joko menambahkan, penyediaan helipad ini sendiri akan dimulai pada H-10 Lebaran sampai dengan H+10 Lebaran. Di mana, masa-masa itu terjadi arus mudik dan balik.

"Untuk jumlah unit (helikopter) saat ini belum ada keputusan. Saat ini kita menyediakan dulu helipadnya. Karena helipad yang ada ini dari Kementerian Perhubungan serta milik kepolisian," katanya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini