Xiaomi luncurkan MIUI 9, performa cepat dengan banyak aplikasi baru!

Minggu, 30 Juli 2017 04:00 Reporter : Indra Cahya
Xiaomi luncurkan MIUI 9, performa cepat dengan banyak aplikasi baru! MIUI 9. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Xiaomi akhirnya meluncurkan software terbaru mereka yang paling dinanti, MIUI 9. Xiaomi sendiri telah memberi 'tease' soal MIUI 9 selama beberapa minggu dengan berbagai preview.

MIUI 9 sendiri membawa versi Android baru ke beberapa perangkat, serta memberi upgrade beberapa perangkat menjadi Android 7.0 atau yang lebih baru. Namun tak semua perangkat akan mendapatkan update ini secara penuh.

Selain itu MIUI 9 masih mengusung berabgai fitur baru dan update keamanan. Meski demikian fitur utama yang diunggulkan oleh Xiaomi di MIUI 9 adalah aplikasi Smart App Launcher, Smart Assistant, dan Image Search.

Smart App Launcher sendiri berperan layaknya Google Now, di mana ia menganalisis berbagai perilaku penggunaan aplikasi ANda untuk membuat rekomendasi soal aplikasi yang mungkin ingin Anda buka. Hal ini memungkinkan peralihan yang cukup lancar ke aplikasi lain yang Anda butuh untuk gunakan, tanpa pergi ke homescreen atau appdrawer terlebih dahulu.

Sementara Xiaomi Smart Assistant bertindak sebagai saingan dari aplikasi asisten AI yang kini sudah banyak digunakan, seperti Siri, Google Assistant, Bixby, dan masih banyak yang lainnya. Smart Assistant bertujuan untuk mengatur semua informasi penting Anda di satu tab yang mudah diakses. Anda dapat mengakses semua catatan, acara kalender, pengingat dan informasi probadi lainnya melalui tab ini. Smart Assistant pun akan selalu mencoba menunjukkan berbagai informasi yang mungkin Anda butuhkan secara cerdas.

Sementara Image Search, adalah Google Photos a la Xiaomi. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mencari informasi tentang seseorang, lokasi, acara, dokumen, screenshot, atau apapun, hanya dari gambar. Tak lupa Xiaomi juga sedang mengembangkan pencarian gambar ini untuk menerjemahkan bahasa, seperti yang dengan mudah dilakukan Google Photos.

miui 9

MIUI 9 ©2017 Merdeka.com

MIUI9 juga membawa banyak optimalisasi lain. Seperti salah satunya adalah Dynamic Resource Allocation, yang mampu memastikan agar aplikasi yang berjalan mendapat prioritas ketimbang aplikasi latar belakang.

Selain itu, Xiaomi juga kini berfokus pada keceptan membuka aplikasi. Xiaomi mengklaim bahwa MIUI 9 akan memiliki waktu peluncuran aplikasi tercepat. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Xiaomi
  3. Android
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini