Tips Sembunyikan Aplikasi di Smartphone, Bebas Intip dan Gelisah!

Rabu, 19 Februari 2020 16:49 Reporter : Indra Cahya
Tips Sembunyikan Aplikasi di Smartphone, Bebas Intip dan Gelisah! ilustrasi aplikasi mobile. ©2015 Merdeka.com/Angeline Agustine

Merdeka.com - Seringkali kita tidak ingin memunculkan aplikasi di smartphone kita, dan ingin membuatnya tetap tersembunyi.

Faktornya tentu banyak, mungkin Anda akan merasa gelisah jika aplikasi tersebut akan diketahui oleh banyak orang terutama teman-teman. Hal ini bisa saja terjadi secara tidak sengaja saat Anda meminjamkan smartphone atau bahkan teman yang mengintip.

Bagi pengguna iPhone, sebenarnya secara resmi Apple belum menyediakan metode khusus untuk menyembunyikan aplikasi di layar utama.

Untungnya ada metode singkat yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Yuk ikuti langkah di bawah ini, sebagaimana dikutip dari laman Digital Trends via Tekno Liputan6.com.

1 dari 5 halaman

1. Ketuk dan Tahan

Langkah pertama yaitu ketuk dan tahan satu aplikasi yang ingin Anda sembunyikan di iPhone dengan iOS 13.2 atau lebih. Anda bisa mengetuk tombol Edit Layar Beranda.

Sedangkan jika Anda masih dengan iOS 13 atau 13.1, ketuklah Atur Ulang Aplikasi atau ketuk aplikasi tersebut sedikit lebih lama hingga ikon aplikasi tersebut tampak bergetar.

2 dari 5 halaman

2. Drag Aplikasi

Langkah kedua yaitu seret atau drag aplikasi yang ingin disembunyikan ke aplikasi lain. Dengan hal ini nantinya akan menjadi sebuah folder dan beri nama di setiap folder-nya untuk menyembunyikan.

3 dari 5 halaman

3. Drag Aplikasi ke Folder Baru

Anda bisa drag beberapa aplikasi yang ingin disembunyikan lainnya dalam satu folder.

4 dari 5 halaman

4. Drag Aplikasi Lain

Kalau semua aplikasi yang ingin disembunyikan sudah ditempatkan dalam satu folder, seret juga aplikasi lainnya untuk menjadi tameng di halaman pertama dan aplikasi yang disembuyikan berada di halaman kedua.

5 dari 5 halaman

5. Ubah Nama Folder

Anda bisa mengubah nama folder-nya untuk menyembunyikan identitas aplikasi. Sesuaikan dengan aplikasi di halaman pertama, jika folder dinamai dengan Andas, maka masukan aplikasi Andas ke dalam folder.

Sumber: Liputan6.com [idc]

Baca juga:
Deretan Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi, Mudah!
Tips Tersembunyi Untuk Setel Keyboard di iPhone, Sudah Tahu?
Deretan Cara Manfaatkan TikTok Untuk Dapatkan Uang
Ini Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini