Samsung Akan Kembangkan Kamera Smartphone Ala iPhone 11 Pro

Jumat, 20 September 2019 16:08 Reporter : Indra Cahya
Samsung Akan Kembangkan Kamera Smartphone Ala iPhone 11 Pro Kecanggihan Kamera iPhone 11 Pro. ©2019 Apple

Merdeka.com - Raksasa teknologi Korea Selatan Samsung diyakini saat ini sedang mengembangkan flagship terbarunya untuk tahun depan, yakni Samsung S11.

Saat ini, telah ada rumor yang beredar tentang smartphone tersebut, khususnya soal kamera. Berdasarkan rumor, smartphone tersebut akan memiliki teknologi kamera seperti fitur Deep Fusion pada iPhone 2019.

Dilansir Phone Arena via Tekno Liputan6.com, informasi baru ini disampaikan oleh akun Ice Universe di Twitter. Akun tersebut kerap memberikan berbagai bocoran tentang smartphone baru.

"Samsung juga mengembangkan fungsi 'Deep Fusion' mirip seperti pada iPhone 11 Pro, dan sangat memainkan peran NPU dalam pengambilan gambar dan foto. Kita bisa melihatnya pada Galaxy S11," tulis Ice Universe.

Dikutip dari Computer World, Deep Fusion merupakan sistem pemrosesan gambar baru yang diaktifkan oleh Neural Engine dari chip A13 Bionic.

Deep Fusion memanfaatkan kemampuan machine learning untuk melakukan pemrosesan pixel-by-pixel dari foto, mengoptimalkan tekstur, detail, dan noise di setiap bagiannya.

Menurut keterangan SVP Worldwide Marketing Apple Phil Schiller, Deep Fusion memadukan sembilan exposure terpisah menjadi satu.

Ketika pengguna menggunakan mode ini, kamera iPhone akan mengambil empat gambar pendek, satu long exposure, dan empat gambar sekunder.

1 dari 1 halaman

Proses Pengambilan Gambar

Sebelum pengguna menekan tombol shutter, kamera sudah memotret empat gambar pendek dan empat gambar sekunder.

Ketika tombol shutter ditekan, kamera akan mengambil long exposure, dan hanya dalam satu detik Neural Engine menganalisis kombinasi, serta memilih yang terbaik di antaranya.

Pada saat itu, Deep Fusion pada chip A13 melewati setiap piksel pada gambar untuk memilih dan mengoptimalkan semuanya dari sisi detail dan noise. Semua proses tersebut terjadi dalam hitungan detik, dan Schiller menyebutnya ssebagai "ilmu gila."

Semua proses itu disebut menghasilkan gambar sangat detail, rentang dinamis yang mengesankan, dan noise sangat rendah. Pengguna dapat melihatnya ketika memperbesar gambar.

Jika rumor ini benar, Samsung diperkirakan akan mengumumkan teknologi tersebut pada Februari 2020 di Mobile World Congress (MWC), Barcelona. Samsung Galaxy S11 akan diumumkan pada hari yang sama.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Andina Librianty [idc]

Baca juga:
Sistem Pendeteksian IMEI Ponsel Tak Merekam Data Pengguna
Tidak Ada Aplikasi Google di Huawei Mate 30 Series, Bagaimana Jadinya?
Huawei Mate 30, Flagship 'Pro' Dengan Harga Masuk Akal
Keunggulan Huawei Mate 30 Pro, Kamera Terbaik Tanpa Aplikasi Google
Vivo Perkenalkan NEX 3 5G, Smartphone 5G Dengan Kamera 64MP!
Rilis Galaxy A10s, Samsung Stop Produksi Galaxy A10

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini