Huawei Mate X Segera Dijual November, Ini Harganya!

Kamis, 24 Oktober 2019 16:14 Reporter : Indra Cahya
Huawei Mate X Segera Dijual November, Ini Harganya! Huawei Mate X. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Smartphone lipat besutan Huawei yakni Mate X, adalah smartphone yang peluncurannya tak kunjung datang. Namun akhirnya, smartphone ini akan diberi tanggal perilisan.

Melansir The Verge dan Engadget, Huawei Mate X akan dijual pada November 2019 mendatang. Smartphone ini akan jadi perangkat eksklusif yang dijual hanya di Tiongkok.

Huawei menyebut bahwa Mate X sedang melakukan pembahasan apakah perlu menjual Mate X di pasar global.

1 dari 2 halaman

Selalu Tertunda

Peluncuran Huawei Mate X sendiri telah beberapa kali melalui penundaan. Setelah tidak menemui tanggal pasti sejak dikenalkannya smartphone ini pada MWC 2019, Huawei memberi kepastian kalau smartphone ini pasti dirilis dalam tahun ini, paling lambat akhir tahun.

Pada Juni, President of Western European Region Huawei, Vincent Pang, menyebut bahwa Huawei Mate X akan rilis pada September, atau bahkan lebih awal.

Selain itu, dikonfirmasi bahwa peluncurannya akan dilakukan secara global, mengingat smartphone ini membawa konektivitas 5G yang sudah terealisasi di negara Barat. Serta, Mate X masih akan membawa Android serta aplikasi-aplikasinya.

Setelah konfirmasi ini, muncul kembali informasi kalau Huawei menunda peluncuran Mate X, kali ini sampai November. Kala itu di bulan Agustus, Huawei mengonfirmasi bahwa material baja dari salah satu bagian bodi belakang akan ditukar dengan kaca, sehingga akan memakan waktu produksi lebih lama.

Tak cuma bodi belakang, tombol kunci dan engsel juga mengalami perubahan, sehingga penundaan adalah langkah paling tepat.

Akhirnya, Mate X terkonfirmasi untuk rilis November.

Pengambilan waktu November ini juga agar berada di momentum yang sama dengan liburan, sebelum Festival Musim Semi di Tiongkok pada awal 2020.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi dan Harga Huawei Mate X

Huawei Mate X adalah smartphone lipat yang memiliki format pelipatan keluar, kebalikan dari Galaxy Fold. Saat dibuka, smartphone ini memiliki layar berukuran 8 inci (panel AMOLED dengan resolusi 2480x2200). Sementara ketika ditutup, terdapat dua layar berukuran 6,6 inci (depan) dan 6,38 inci di belakang.

Bicara soal dapur pacu, terdapat prosesor Kirin 980 yang sebelumnya telah kita lihat di Huawei Mate 20 Pro. Ini adalah prosesor berteknologi 7 nanometer dengan kecepatan clock 2,6GHz namun hemat penggunaan daya.

Terdapat dua buah baterai yang total kapasitasnya 4.500mAh dengan teknologi fast charging yang dapat mengisi daya 85 persen hanya dalam 30 menit saja.

Huawei menyematkan sebuah modem 5G yang dapat membuat Anda mengunduh file sebesar 1GB hanya dalam 3 detik.

Soal kamera, Huawei Mate X mengusung tiga buah kamera di bagian belakang. Seperti biasa Huawei bekerja sama dengan Leica seperti di lini flagship sebelumnya. Konfigurasi tiga kamera ini terdiri dari wide-angle, telephoto, dan juga ultra-wide angle.

Soal harga, disebut bahwa Mate X akan dibanderol sebesar USD 2.400 atau setara Rp 33,7 juta. [idc]

Baca juga:
Samsung Hadirkan Galaxy M30s di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya!
iPhone 12 Akhirnya Buang Notch, Ini Deretan Prediksi Fitur Baru Lainnya!
Soal Penerapan Blokir Ponsel Ilegal, Kemkominfo Bakal Bicara dengan Operator Seluler
Xiaomi Getol Rilis Smartphone 5G, Segera Rilis 10 Lini di 2020
Segera Rilis Generasi Kedua, Samsung Ingin Perlaris Lini Galaxy Fold
Samsung Patenkan Teknologi Smartphone Dengan Layar Sliding, Apa Itu?
Pasca Tersandung Cacat Software, Google Benahi Fitur Face Unlock di Pixel 4

Topik berita Terkait:
  1. Huawei
  2. Smartphone
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini