Cara Rekam Video Screenshot Layar di Smartphone Android

Selasa, 28 Mei 2019 13:40 Reporter : Indra Cahya
Cara Rekam Video Screenshot Layar di Smartphone Android Screen Recording. ©2019 maketecheasier.com

Merdeka.com - Merekam video screenshot di layar smartphone adalah hal yang sering dicari oleh para pengguna smartphone. Banyak hal bisa dilakukan dari sini, mulai dari memperlihatkan tutorial, merekam aktivitas game, untuk presentasi, hingga untuk lucu-lucuan seperti meme.

Seringkali beberapa OS memiliki fitur ini sehingga perekaman video layar bukan hal yang sulit, namun banyak sekali smartphone yang masih belum memiliki fitur ini sehingga harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Nah, deretan pabrikan smartphone yang secara native atau asli memiliki fitur perekaman video screenshot layar di antaranya OnePlus, Xiaomi, Sony, serta Huawei dan Honor. Jika smartphone Anda adalah deretan smartphone ini, Anda tinggal mengaktifkannya di Quick Setting atau bahkan sudah tersemat di tombol power yang tinggal dipencet saja.

Di Samsung, Anda bisa melakukan perekaman layar untuk aktivitas gaming Anda menggunakan Samsung Game Launcher, yang sudah langsung tersedia tombol screen recording di pojok kiri atas.

Anda juga bisa menggunakan Google Play Games untuk merekam aktivitas game Anda. Untuk menggunakan ini Anda diharuskan sign in ke Play Games dan wajib menggunakan akun.

 

Menggunakan AZ Screen Recorder

Salah satu aplikasi pihak ketiga yang cukup mumpuni untuk merekam video screenshot layar adalah AZ Screen Recorder. Masih ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda pilih, dan semuanya tersedia di Google Play Store, seperti ScreenCam, DU Recorder, Mobizen, RecMe, dan Lollipop.

Mari kita ikuti langkah untuk merekam layar menggunakan AZ Screen Recorder.

  1. Unduh aplikasi di Google Play Store
  2. Aplikasi akan meminta akses untuk screen overlay. Hal ini akan membuat ada aplikasi yang 'mengapung' di atas layar setiap saat. Ketuk ikon ini untuk memulai
  3. Ubah setelan sesuai keinginan Anda, dan mulai merekam dengan mengetuk tombol rekam
  4. Anda bisa mengehntikan perekaman dengan menarik tab notifikasi dan tekan stop
[idc]
Topik berita Terkait:
  1. Tekno Tips
  2. Android
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini