Realme 5 Pro Lawan Samsung A50s, Rebutan Mahkota Smartphone Rp 3 Jutaan

Senin, 23 September 2019 13:21 Reporter : Merdeka
Realme 5 Pro Lawan Samsung A50s, Rebutan Mahkota Smartphone Rp 3 Jutaan Realme 5 Pro dan Samsung Galaxy A50s. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Tak ada habisnya membicarakan industri smartphone di Indonesia. Dalam kurun waktu sebulan, biasanya ada saja smartphone terbaru yang hadir ke tengah-tengah masyarakat dari berbagai vendor.

Realme menjadi vendor yang sangat aktif dalam merilis produk. Tak lama setelah meluncurkan realme X, mereka merilis realme 5 Pro yang mendapat julukan Quad Camera SpeedMaster. Realme 5 Pro diharapkan menjadi jagoan terbaru di kelas Rp 3 jutaan.

Realme 5 Pro memiliki banyak kompetitor, salah satunya adalah Samsung Galaxy A50s yang baru-baru ini diperkenalkan ke masyarakat.

Sama-sama bersaing di segmen yang sama, siapakah yang lebih pantas merebut mahkota, smartphone terbaik di rentang Rp 3 jutaan? Mari simak perbandingannya.

Tampang

Realme cukup serius dalam mengolah desain dari realme 5 Pro. Untuk itu, mereka menggunakan konsep desain potongan berlian yang menimbulkan efek berkilau ketika terkena cahaya. Dalam hal ini, ada dua warna yang disediakan oleh realme yakni Crystal Green dan Sparkling Blue.

Hal menarik lainnya adalah desain bodi 3D yang membalut realme 5 Pro. Dengan desain 3D, realme 5 Pro tampak lebih ramping ke belakang. Alhasil, tercipta smartphone ergonomis yang nyaman ketika digenggam.

Realme 5 Pro dan Samsung Galaxy A50s ©2019 Merdeka.com


Tak jauh berbeda, Samsung A50s memiliki bodi belakang yang tampak seperti potongan berlian.

Secara garis besar, tidak ada perbedaan desain yang cukup mencolok antara realme 5 Pro dan Samsung A50s. Keduanya sama-sama menggunakan notch dewdrop dan susunan kamera belakang yang disusun vertikal.

Di urusan layar, realme 5 Pro menggunakan layar IPS berukuran 6,3 inci. Sementara Samsung A50s menggunakan layar dengan bentang 6,4 inci. Jenis layar kembali lagi pada preferensi konsumen.

Performa

Urusan chipset menjadi penting karena akan mempengaruhi kinerja sebuah ponsel. Realme 5 Pro mencoba untuk menjadi gahar dengan menyematkan Qualcomm Snapdragon 712 AIE yang sudah dipadukan dengan Adreno 616. Kombinasi itu sudah didukung oleh RAM 8 GB.

Di sisi lain, Samsung A50s menggunakan Exynos 9611 yang dikenal cukup andal dalam meningkatkan performa.

Kamera

Sebelum masuk lebih jauh, perlu diingat bahwa realme 5 Pro dan Samsung Galaxy A50s memiliki konfigurasi kamera yang berbeda. Samsung Galaxy A50s menggunakan tiga kamera belakang, sedangkan realme 5 Pro membawa empat kamera belakang.

Hasil Jepretan realme 5 Pro ©2019 Merdeka.com

Kamera belakang realme 5 Pro terdiri dari dari kamera utama 48 megapiksel (Sony IMX586) + kamera 8 MP 119 ° untuk ultra-wide-angle + lensa ultra macro + lensa portrait di belakang.

Kombinasi empat kamera juga didukung oleh teknologi Quad-Bayer pixel four-in-one untuk hasil yang lebih maksimal.

Hasil Jepretan Samsung A50s ©2019 Merdeka.com

Sementara Samsung A50s menggunakan konfigurasi kamera utama 48 megapiksel, kamera kedua memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2 ultrawide, lalu kamera ketiga untuk kebutuhan bokeh dengan resolusi 5 MP.

Baterai

Realme 5 Pro menggunakan baterai berkapasitas tinggi, yakni 4.035 mAh. Selain kapasitas baterai yang besar, realme 5 Pro juga sudah didukung oleh VOOC Flash Charge 3.0 yang memungkinkan kecepatan pengisian ponsel terasa lebih cepat.

Sementara Samsung A50s didukung oleh baterai 4.000 mAh yang juga didukung oleh pengisian daya cepat.

Realme 5 Pro dan Samsung Galaxy A50s ©2019 Merdeka.com

Dari segi harga, realme 5 Pro juga memiliki keunggulan karena dijual mulai dari 2.999.000. Selain itu, realme 5 Pro juga sudah tersedia secara online dan offline.

Namun Samsung Galaxy A50s memiliki fitur-fitur seperti NFC dan tampilan layar yang kontras, ponsel ini bisa menjadi pilihan. Namun perlu diingat bahwa varian terendah Samsung A50s dijual mulai dari Rp 4.099.000. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Realme
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini