Wajib tahu! 8 Makanan terbaik untuk atasi konstipasi

Senin, 23 Oktober 2017 13:25 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Wajib tahu! 8 Makanan terbaik untuk atasi konstipasi Ilustrasi stroberi. Johnny's Selected Seeds

Merdeka.com - Ketika saat buang air besar tiba yang biasanya terjadi di pagi hari, tentu tak ada yang lebih melegakan jika proses alami ini tuntas untuk dikeluarkan. Namun karena beberapa faktor, kamu jadi mengalami konstipasi yang menyiksa dan membuatmu tidak nyaman. Penyebabnya bisa jadi karena konsumsi serat yang tidak maksimal.

Nah, daripada lama-lama tersiksa karena derita ini, lebih baik atasi dengan konsumsi makanan berikut ini.

Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang membantu mengatasi masalah pencernaan. Bonusnya, makan oatmeal juga bermanfaat untuk mengatasi masalah jantung.

Roti gandum

Daripada mengonsumsi roti putih biasa yang tinggi gluten, lebih baik pilih roti gandum yang mengandung serat larut untuk menjaga kesehatan pencernaan.

kacang almond

Dengan kandungan lemak sehat, kacang-kacangan tak hanya baik untuk menjaga kesehatan, namun juga mampu menuntaskan konstipasi yang kamu alami.

Brokoli

Brokoli jelas mengandung serat sehat yang mampu mengatasi sembelitmu.

Stroberi

Stroberi begitu tinggi serat dan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Popcorn

Konsumsi popcorn banyak disarankan sebagai menu camilan sehat untuk kamu yang sedang diet atau mengalami konstipasi. Sebabnya popcorn tinggi akan serat sehat.

Kacang hitam

1 cangkir kacang hitam mengandung 15 gram serat larut yang akan memperlancar prosesmu untuk buang air besar.

Plum

Ada alasan sehat kenapa kamu perlu makan plum saat sembelit. Sebab plum mengandung sorbitol dan dihydrophenylisatin yang akan menyehatkan pencernaanmu.

Selain konsumsi makanan di atas, perbanyak pula minum air mineral untuk memperlancar BAB. [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini