Tips Menjaga Kesehatan Tubuh pada Saat Musim Hujan

Selasa, 31 Desember 2019 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh pada Saat Musim Hujan Ilustrasi hujan. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Tingginya curah hujan pada beberapa waktu belakangan membuat seseorang mudah kehujanan. Hal ini bisa memicu munculnya sejumlah masalah kesehatan pada seseorang.

Di musim ini bukan hanya payung atau jas hujan saja yang perlu dipersiapkan, melainkan tubuh harus tetap sehat. Pasalnya, saat musim hujan tubuh rentan terserang penyakit.

Dr. Sumiati Yusup, Kepala Klinik Pratama Permata Bunda, Bekasi Timur mengatakan pasa seminggu terakhir bulan Desember ia menerima pasien dengan keluhan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

"Penyakit langganan lainnya saat musim hujan ialah diare, penyakit kulit, hingga tuberculosis atau TB. Cacar air, kulit gatal-gatal juga menjadi penyakit yang sering terjadi," ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Agar tidak terserang penyakit musim hujan tersebut, dr Sumiati menyarankan untuk menerapkan pola makan yang sehat. Pertama untuk tidak sarapan dengan konsumsi karbo dan bisa digantikan oleh buah dan sayuran.

"Jadi makan karbonnya siang saja. Biasanya saya campur salad buah potong. Karena saat makan buah siangnya masih kenyang, jadi karbonya makan sedikit. Untuk malam, tetap makan karbo sedikit dan buah," tambahnya.

Baca Selanjutnya: Makanan Lainnya...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Sehat
  3. Fakta Kesehatan
  4. Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini