Ternyata Susu Tidak Menyebabkan Seseorang Menjadi Lebih Gemuk

Selasa, 25 Juni 2019 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ternyata Susu Tidak Menyebabkan Seseorang Menjadi Lebih Gemuk Ilustrasi minum susu. Shutterstock/Jaren Jai Wicklund

Merdeka.com - Salah satu hal yang dipercaya banyak orang adalah minum susu bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Kepercayaan mengenai bertambahnya berat badan akibat susu ini membuat banyak yang menjauhi minuman ini ketika diet.

Padahal, menurut Spesialis Gizi Klinis, dr. Diana F. Syganda M.Kesm Sp.GK susu mengandung banyak makronutrien yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, lemak jenuh, tidak jenuh tunggal, tidak jenuh ganda, asam lemak omega 3, dan asam lemak omega enam. Serta mengandung vitamin dan mineral.

"Jadi dalam satu gelas susu terdapat banyak vitamin yang diperlukan tubuh," ujarnya beberapa waktu lalu.

Lalu mengapa susu dianggap membuat gemuk? dr. Diana menjelaskan jika susu tidaklah membuat gendut asalkan tidak diminum secara berlebihan.

"Perempuan membutuhkan kalori 1500 dan laki-laki 1700 kalori per-hari. Dalam 350 ml susu terdapat 146 kalori yang artinya 10 persen kebutuhan harian. Jika mengonsumsi lebih dari kebutuhan kalori per hari, itu yang membuatmu gemuk," tambahnya.

Bahkan, menurut penelitian susu justru dapat menurunkan berat badan. International Journal of Obesity pada April 2004, kandungan kalsium dan protein susu membantu penurunan berat badan pada orang dewasa penderita obesitas.

Reporter: Anisha Saktian Putri
Sumber: Fimela.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini