Menurut Ahli, Begini Tips Tepat Berolahraga saat Bulan Puasa

Minggu, 10 Mei 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Menurut Ahli, Begini Tips Tepat Berolahraga saat Bulan Puasa Ilustrasi berolahraga ketika puasa. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Banyak orang takut berolahraga saat puasa karena bisa membuat tubuh lemas dan dehidrasi. Padahal kebugaran tubuh sangat penting dijaga dengan berolahraga di saat seperti ini.

dr. Michael Triangto, SpKO, Sport Medicine Specialist mengatakan walau ada keterbatasan ruang, gerak, dan peralatan, olahraga di rumah harus tetap dilakukan. Begitu pun ketika kita puasa, justru olahraga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

"Kadar gula saat puasa menurun, membuat mudah mengantuk dan lemas. Nah, solusinya adalah olahraga agar tubuh tetap bugar," ujar dr. Michael.

Namun, dr. Michael mengatakan saat puasa intensitas olahraga harus diperhatikan. Jika olahraga terlalu berat justru akan menurunkan imunitas tubuh sehingga membuat tubuh dehidrasi, lemas, dan dapat meningkatkan risiko tertular infeksi virus dengan mudah.

"Saat puasa bisa melakukan olahraga dengan intensitas sedang yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Sebab saat puasa tubuh akan kekurangan cairan. Semakin berat olahraga, justru bukan semakin sehat," tambahnya.

Baca Selanjutnya: Olahraga yang Bisa Dilakukan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini