Kenapa sih kamu jadi sering pipis saat udara dingin?

Senin, 26 Maret 2018 18:36 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Kenapa sih kamu jadi sering pipis saat udara dingin? ilustrasi buang air kecil. © www.prevention.com

Merdeka.com - Saat AC kantor, kamar tidur, atau mobil kelewat dingin, biasanya kamu jadi sering pipis atau buang air kecil atau minimal muncul hasrat tersebut. Begitu pula jika kamu sedang berada di lingkungan yang dingin dan hujan, pasti kamu akan bingung mencari kamar mandi.

Banyak yang bilang hasrat ingin pipis ini muncul karena kamu tidak berkeringat. Sehingga tidak ada cairan yang keluar dari tubuh, kecuali saat kencing.

Well, pendapat ini memang ada benarnya juga. Dan menurut rangkuman dari beberapa penelitian, ini akibat lain dari seringnya kamu buang air kecil saat berada di tengah suhu yang dingin.

Tekanan darah meningkat
Tekanan darah dalam tubuh akan cenderung meningkat ketika kamu sedang kedinginan. Peningkatan ini membuat tubuh mengirimkan sinyal bagi ginjal untuk membuang kelebihan cairan dengan cara mengeluarkan lewat urin.

Kadar cairan tubuh tak seimbang
Suhu yang turun membuat aquaporin atau protein yang bertugas untuk mengontrol keluar masuknya cairan dalam tubuh jadi terganggu. Ketidakseimbangan inilah yang membuat ginjal jadi sering membuang kelebihan cairan lewat air kencing.

Lalu, bagaimana caranya agar kamu tak terus-menerus pipis? Kamu bisa terus menggerak-gerakkan tubuh untuk menghasilkan panas yang membuatmu lebih bisa mengontrol kencing. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini