Ini Bahaya Memupuri Buah Hati dengan Bedak Bayi

Selasa, 18 Desember 2018 02:11 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Bahaya Memupuri Buah Hati dengan Bedak Bayi Ilustrasi bedak bayi. ©Shutterstock.com/GVictoria

Merdeka.com - Bedak bayi atau biasa juga disebut sebagai bedak talkum merupakan salah satu hal yang paling akrab dengan kehidupan sehari-hari terutama pada bayi. Banyak orang tua selalu memupuri buah hati mereka dengan bedak agar terlihat segar.

Namun lambat laun, pada masa kini penggunaan bedak talkum ini sudah mulai dihindari oleh orang tua. Berbagai masalah yang disebut dapat muncul darinya menjadi alasan bedak ini jadi mulai jarang digunakan.

Bedak talkum sendiri terbuat dari beberapa bahan kimia seperti magnesium, oksigen, dan silikon. Sehingga tidaklah heran jika bedak ini ternyata menyimpan beberapa bahaya kesehatan di baliknya. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah bahaya yang ada di balik pemakaian bedak talkum.

Masalah pernapasan
Masalah pernapasan menjadi salah satu risiko umum dari penggunaan bedak talkum. Sebab bedak talkum mengandung partikel halus yang bisa masuk ke dalam sistem pernapasan buah hati kamu.

Penyebab penyakit paru-paru
Talcosis atau penyakit paru-paru bisa disebabkan karena penggunaan bedak talkum. Sebab serpihan halusnya bisa dengan mudah masuk ke pernapasan dan mengganggu kesehatan paru-paru.

Asma
Selain penyakit paru-paru, asma juga menjadi risiko yang disebabkan karena pemakaian bedak talkum. Hal ini tentu saja sangat membahayakan kesehatan buah hati kamu.

Mengganggu kesehatan organ kewanitaan
Masih berpikiran bahwa bedak talkum aman untuk organ kewanitaan? Sebaiknya kamu berpikir ulang. Sebab serpihan dari bedak talkum mampu masuk ke rahim melalui tuba falopi dan menyebabkan peradangan.

Diare
Tidak banyak yang tahu bahwa bedak talkum mampu membuat buah hati kamu mengalami diare atau muntah. Penyebabnya adalah serpihan bedak talkum ini masuk ke dalam tubuh Anda.

Kanker endometrial
Karena bedak talkum bisa masuk ke dalam organ kewanitaan dan menimbulkan peradangan, maka bukan tidak mungkin bahwa bedak talkum juga bisa meningkatkan risiko kanker endometriosis atau kanker rahim.

Iritasi wajah
Iritasi wajah juga bisa terjadi karena penggunaan bedak talkum. Serpihan halusnya akan menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan iritasi kulit serta ruam.

Tujuh masalah tersebut adalah hal yang paling mungkin terjadi dari penggunaan bedak bayi ini. Selain pada anak-anak, masalah kesehatan ini dapat juga terjadi pada orang dewasa. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini