Cokelat yang Sudah Kedaluwarsa Aman Dikonsumsi Asal Kamu Mempertimbangkan Hal Ini

Selasa, 30 Juli 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Cokelat yang Sudah Kedaluwarsa Aman Dikonsumsi Asal Kamu Mempertimbangkan Hal Ini Ilustrasi cokelat. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Africa Studio

Merdeka.com - Hampir semua makanan terutama kemasan memiliki tanggal kedaluwarsa untuk memastikan kondisi makanan tersebut aman dikonsumsi atau tidak. Salah satu makanan yang memiliki tanggal kedaluwarsa adalah cokelat.

Dilansir dari Medical Daily, cokelat bisa aman dikonsumsi setelah kedaluwarsa namun ada hal yang harus diperhatikan. Terdapat dua hal yang harus diperhatikan sebelum cokelat yang kedaluwarsa itu dianggap aman dikonsumsi atau tidak.

Bryn Kirk dari Chocolate University Online menyebut bahwa terdapat dua hal yang harus diperhitungkan yaitu rasa dan keamanannya. Dua hal itu bisa menjadi pertimbangan sebelum mengonsumsi cokelat kedaluwarsa ini.

Pada makanan kemasan seperti cokelat, biasanya terdapat beberapa penanda apakah makanan tersebut kedaluwarsa atau tidak. Terdapat beberapa penanda berbeda mengenai kedaluwarsa pada makanan ini dan bisa menentukan seberapa aman makanan tersebut.

1 dari 3 halaman

Berbagai Jenis Peringatan Kedaluwarsa

Dilansir dari Boldsky, ternyata memang ada beberapa faktor yang mendasari mengapa makanan kemasan memiliki tanggal kedaluwarsa.

Yang pertama, ide pencantuman tanggal kedaluwarsa diawali karena untuk mempertimbangkan kesegaran makanan, bukan keamanannya. Biasanya, ditandai dengan tulisan Best if Used Before Date.

Misalnya saja untuk makanan jenis roti yang berada di minimarket sekitar rumah, pasti akan ada tanggal kedaluwarsanya. Nah, sebenarnya tetap boleh mengonsumsinya lebih dari tanggal yang tertera di bungkusnya, hanya saja jangan lewat sampai berhari-hari lamanya.

Yang kedua, jika kamu menemukan tulisan 'Sell By', maka itu ditujukan benar-benar untuk toko. Artinya, untuk sampai kapan mereka bisa menjual produk tersebut kepada para pengecer. Bukan batas rusak atau busuknya produk. jadi, meskipun sudah lewat tanggal ini, masih dapat dimakan, meskipun kamu tetap dianjurkan membeli makanan sebelum melewati tanggal tersebut.

Yang ketiga, jika kamu menemukan tulisan Best if Used Before, maka tanggal yang tercantum dalam kemasan itu adalah untuk dapat merasakan rasa terbaik atau kualitas paling bagus dalam mengonsumsi makanan tersebut. Jelas ini bukan tanggal kedaluwarsa yang artinya sudah busuk dan tidak layak makan. Hal ini sering menipu seseorang. Produk tersebut masih tetap dapat dimakan walaupun sudah melewati tanggal ini, tapi kesegaran dan kualitas makanan akan telah berkurang.

Pada makanan dengan label Expired Date, kamu masih diperbolehkan mengonsumsi makanan tersebut apabila masih lewat sehari atau dua hari saja. Meskipun hanya berhubungan dengan kesegaran makanan, namun kita sendiri tidak bisa memastikan kemasan tersebut sudah bisa menghindarkan makanan dari kebusukan setelah lewat tanggal itu atau tidak.

2 dari 3 halaman

Keamanan Mengonsumsi Makanan

Ketika sebuah makanan telah mengalami perubahan temperatur beberapa kali, besar kemungkinan makanan ini tidak lagi aman untuk dikonsumsi. Perubahan suhu yang terjadi ini menyebabkan bertumbuhnya bakteri.

Ketika cokelat batangan meleleh dan didinginkan langsung tak lama kemudian, terjadi kondensasi. Hal ini menyebabkan bakteri tinggal dan jamur tumbuh bahkan walaupun kamu tak dapat melihatnya.

Perubahan suhu udara ini penting kamu pertimbangkan sebelum memutuskan apakah mengonsumsi cokelat tersebut. Bahkan pada cokelat yang belum kedaluwarsa, jika sudah mengalami perubahan suhu yang ekstrem, maka sudah tidak lagi cukup aman untuk dikonsumsi.

3 dari 3 halaman

Perubahan Rasa

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah rasa dari cokelat ini. Perubahan rasa yang mungkin terjadi ini sangat tergantung dari jenis cokelat yang kamu konsumsi.

Pada cokelat susu, besar kemungkinan bahwa ketika telah kedaluwarsa maka rasanya bakal berubah menjadi sangat tidak enak. Bahkan seiring waktu, rasa ini bakal semakin bertambah buruk.

Bahkan ketika dicairkan dan digunakan sebagai topping pada makanan atau kue lain, rasa dari cokelat kedaluwarsa ini sudah berubah dan tak lagi lezat. Walaupun mungkin masih aman dikonsumsi, namun rasanya tak lagi lezat.

Sedangkan pada jenis cokelat lain seperti dark chocolate, rasa makanannya bakal tak berubah walau kadar kekentalan cokelatnya tak setinggi sebelumnya. Walau begitu, makanan ini bakal tetap aman untuk dikonsumsi.

Sejumlah hal tersebut penting untuk kamu perhatikan sebelum memutuskan apakah akan mengonsumsi cokelat yang sudah kedaluwarsa tersebut. Walau begitu, pilihan terbaik tetap menghindari konsumsi makanan yang mungkin bisa membahayakan tersebut. [RWP]

Baca juga:
Hepatitis A Merupakan Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Pengobatan
Wanita Usia Muda Memiliki Daya Tahan Influenza Jauh Lebih Kuat Dibanding Pria
Terjadinya Penyakit Jantung Bawaan pada Anak Bisa Dideteksi Sejak Kehamilan
Konsumsi Cabai Di Atas Batas Bisa Buat Seseorang Lebih Rentan Demensia

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini