Bukan bedak, losion lebih tepat untuk bayi yang berkeringat

Kamis, 30 Agustus 2018 00:03 Reporter : Tantri Setyorini
Ilustrasi bayi. ©Pixabay

Merdeka.com - Kebiasaan yang umum di antara ibu-ibu Indonesia untuk mengatasi bayi berkeringat adalah menaburkan bedak. Bedak memang bisa menjadikan kulit anak kesat. Tetapi sebenarnya penggunaan produk ini kurang tepat. Lebih aman jika ibu mengoleskan losion pada kulit anak.

Serupa dengan bedak, losion dapat mengontrol keringat berlebih pada bayi. Walaupun begitu, penggunaan losion dinilai aman dibandingkan bedak. Ditemui di Tjikinii Lima Restaurant, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Bamed Skincare, Matahari Arsy menjelaskan, losion bekerja efektif mengontrol keringat.

"Kandungan losion sudah ada pelembap. Kalau bayi dikasih losion cenderung bisa mengurangi aktivitas kelenjar keringat atau lainnya. Itu efektif kok mengontrol keringat yang keluar," jelas Arsy, ditulis Selasa (28/8/2018).

Tidak ada yang salah memberikan losion pada bayi. Losion sekaligus melembapkan kulit bayi.

Bedak, terutama bedak tabur yang sering dipakai sebenarnya sudah tidak dianjurkan saat ini. Ketika sekali ditepuk, partikel bedak tabur bisa terhirup bayi.

"Ini akan mengganggu pernapasan bayi. Terlebih lagi refleks batuk pada bayi tidak sebaik dewasa. Penggunaan rutin bedak sudah tidak dianjurkan saat ini meski bedak digunakan di tubuh, bukan wajah," Arsy melanjutkan.

Jadi mulai sekarang sebaiknya pakai bedak seperlunya saja, jika bayi benar-benar membutuhkannya. Selain itu, hindari menepuk puff terlalu keras agar butiran halus bedak tidak berterbangan dan masuk ke saluran pernapasan.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini